Anggaran Puluhan Miliar, Perbaikan Infrastruktur Jalan dan Drainase Dinas PU Makassar tak Semanis Kenyataan

0
56

MAKASSAR — Program perbaikan infrastruktur jalan dan drainase untuk mengatasi genangan air dinilai tidak semanis dengan anggaran puluhan miliar rupiah untuk mengatasi masalah tersebut ketika musim hujan tiba. Tidak tanggung-tanggung sejumlah ruas jalan pun masih terendam banjir akibat saluran drainase yang dinilai masih buruk tersebut.

Masyarakat menilai program perbaikan infrastruktur jalan dan drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar masih hanya sebatas lipstik. Anggaran miliaran rupiah bukan jaminan instansi pemerintah yang menjadi ujung tombak perbaikan infrastruktur jalan tersebut bisa bekerja maksimal.

Sekedar masyarakat ketahui Dinas PU Makassar merehabilitasi Drainase serta mengeruk sedimen 63 Titik Drainase di beberapa kecamatan di kota makassar.

Terkait pengendalian genangan yang telah dilakukan sejak awal tahun 2017 hingga saat ini berupa pengerukan sedimen di 14 Kecamatan Kota Makassar yang mengerahkan sedikitnya 380 Satgas Drainase.

Data anggaran drainase melalui APBD 2017 sebanyak Rp 60 miliar yang mencakup tiga fokus pengerjaan yaitu pembangunan baru, rehabilitasi dan pengendali genangan, termasuk gaji satgas dan honorer.

Sedangkan untuk anggaran 2018, Dinas PU Makassar mengalokasikan anggaran Rp 90 Miliar. Ini nantinya, untuk penambahan Satgas Drainase. Jumlahnya mencapai 100 orang. Penambahan satgas ini diketahui akan terealisasi 2018, seperti dikutip dari salah satu media online.

Lantas mengapa perbaikan infrastruktur jalan dan drainase masih menjadi masalah terutama saat hujan turun, sementara tiap tahun Dinas Pekerjaan Umum kota Makassar menganggarkan perbaikan infrastruktur jalan dan drainase untuk mengatasi genangan air ketika musim hujan tiba.

Salah seorang pengendara mengeluhkan mengatakan selama ini masyarakat terkadang sulit melakukan aktivitas disaat musim hujan, sebab beberapa ruas jalan tejadi genangan akibat saluran drainase yang masih tersumbat.

“Kalau masih kemarau terlihat jalan Teduh bersinar tepatnya depan Kantor Dinkes, Discapil, Inspektorat serta kantor Kecamatan Rappocini Makassar terlihat bagus. Namun, kalau hujan beberapa jam saja kondisi jalan Teduh bersinar berubah drastis bagaikan tambak ikan,” Ujar Jaya ketika ingin ke Discapil Makassar. Jumat pagi (09/03/2018). (cn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here