Dinilai Bahayakan Pengguna Jalan, DLH Luwu Utara Dipangkas Pohon di Tepian Jalan Desa Uraso

0
38

LUWU UTARA, CNEWS — Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu Utara melakukan pemangkasan sejumlah pohon di pinggir jalan di wilayah Desa Uraso, Kamis (22/3/2018) pagi. Seperti terihat di jalur trans Sulawesi Desa Uraso, satu-persatu pohon yang sudah terlalu rindang dipangkas sehingga tampak lebih rapi.

Kabid Lingkungan Hidup DLH Kabupaten Luwu Utara, Asrul Sani mengatakan, pemangkasan dilakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang akibat terjangan angin kencang yang dapat membahayakan pengguna jalan. Selain mengantisipasi terjadinya pohon tumbang, pemangkasan juga dilakukan untuk mempercantik pohon-pohon tersebut sehingga terlihat indah.

“Pemangkasan juga untuk mengamankan rambu jalan yang kadang tertutup oleh ranting pohon. Jadi dikhawatirkan menimbulkan kecelakaan,” jelasnya

Menurutnya, pemangkasan tidak dilakukan secara rutin. Namun hanya dilakukan apabila ada permintaan dari masyarakat karena dinilai dapat membahayakan pengguna jalan.

“Pemangkasan dilakukan tidak setiap hari, pertama berdasarkan permintaan masyarakat yang mengajukan kepada kami. Setelah ada permintaan, kami akan tindaklanjuti. Tapi kalau yang tidak ada surat tertulis ke LH, ya tidak kami tindaklanjuti,” katanya.

Selain pemangkasan, lebih lanjut, ia mengatakan, DLH juga melakukan peremajaan pohon. Peremajaan dilakukan, menurutnya untuk pohon yang sudah dianggap tua sehingga diharuskan untuk ditebang. Setelah ditebang, di lokasi yang sama akan ditanam kembali pohon serupa.

“Kalau ada penebangan, tetap harus diganti dengan tanam yang baru lagi. Istilahnya diremajakan. Untuk peremajaan,” terangnya.

Sementara itu, Camat Mappedeceng St Kidar memberi apresiasi terhadap DLH Luwu Utara karena benar-benar memperhatikan kondisi lingkungan, sehingga kenyamanan dan keamanan masyarakat terjaga saat melintas di jalan dipinggirnya terdapat pohon.

“Saya mengapresiasi DLH Luwu Utara yang betul-betul memperhatikan keberadaan pohon di tepi jalan, sehingga pengguna jalan bisa terhindar dari pohon tumbang terutama saat musim penghujan,” ujarnya. (LAPORAN : SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here