Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Gandeng PT Jasindo Edukasi Pelaku Usaha dan Kelompok Tani

0
34

LUWU UTARA, CNEWS — Dalam rangka meningkatkan pemahaman pelaku usaha dan kelompok tani terhadap Asuransi Usaha Ternak Sapi, Kerbau (AUTS/K) Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Luwu Utara¬† bersama PT. Asuransi Jasindo menggelar sosialisasi.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk terus melakukan pembinaan dan sosialisasi bagi para kelompok tani demi  meningkatkan pemahaman pelaku usaha/Kelompok Tani terhadap AUTS/K Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) dan memberi kemudahan pelaku usaha/Kelompok Tani dalam mengakses Asuransi Usaha Ternak Sapi dan Kerbau (AUTS/K).

Adriyani Ismail (Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan) dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari Asuransi ternak adalah terlindunginya peternak sapi/kerbau dari kerugian usaha akibat kematian atau kehilangan ternak. Paparnya

Tidak hanya itu asuransi usaha ternak sapi / kerbau ternyata juga menyediakan biaya asuransi kerugian usaha akibat kematian ternak dan kehilangan ternak dengan jumlah agunan ganti rugi maksimum senilai Rp10.000.000/ekor dengan Premi asuransi sebesar Rp.200.000/ekor/tahun. Tutur Kadis Peternakan dihadapan kelompok usaha ternak.

Akan tetapi Peternak cukup membayar premi 40.000/ekor/tahun, sisanya yang Rp. 160.000 disubsidi oleh Pemerintah.

Sekedar diketahui bahwa Jangka waktu pertanggungan asuransi sapi/kerbau selama 1 tahun. Kriteria ternak sapi/kerbau yang dapat diasuransikan yaitu kondisi sehat/tidak cacat dan masih produktif serta telah berumur minimal 1 tahun.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, para Kepala Puskeswan dan 4 Kelompok Tani yang akan mengikuti Asuransi Ternak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here