Genjot Capaian Upsus Siwab, Disnakkeswan Gelar Pengumpulan Ternak

0
51
LUWU UTARA, CNEWS — Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan pengumpulan ternak sapi bertempat Di Desa Sumberdadi Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara pada Selasa 03 April 2018.
Jumlah ternak yang dikumpulkan warga diperkirakan berkisar 50 ekor. Antusias masyarakat mengumpulkan ternak yang dimilikinya sangat tinggi, betapa tidak masyarakat berbondong-bondong datang membawa ternaknya.
Kadis Disnakkeswan Luwu Utara mengungkapkan Pengumpulan ternak (Sapi) dilakukan Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan dalam rangka pemberian hormon ternak milik para peternak dan juga ternak sapi yang dimiliki oleh kelompok tani.
“Pengumpulan ternak baik ternak perorangan maupun ternak kelompok dilakukan pemberian hormon perangsang terhadap ternak betina sehingga bisa birahi untuk selanjutnya dilakukan inseminasi buatan (kawin suntik) . Ungkapnya
Ditambahkan oleh Ahmad, S.Pt Kabid Perbibitan Dan Produksi Ternak Disnakkeswan Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan, bahwa melalui kegiatan tersebut pihaknya juga melakukan pemeriksaan kebuntingan ternak. Pemeriksaan kebuntingan dilakukan untuk mengetahui bunting tidaknya ternak, dan ternak Yg tidak bunting dilakukan pemberian hormon.
“Pemeriksaan wajib kami lakukan untuk memastikan positif bunting sehingga tidak lagi disuntik hormon”  katanya
Masih kata Selain itu, Disnakkeswan juga melakukan pemeriksaan ternak. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk ditindaki melalui pemberian vitamin dan obat cacing serta obat-obat lainnya.
Giat tersebut dihadiri oleh tim Monev program Upaya Khusus Sapi/ Kerbau Wajib Bunting (Upsus Siwab) Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Propinsi Sulawesi Selatan (Adrianus Mario, S.Pt) bersama Drh. Alfin (BBVet Maros). Turut hadir pula, Kepala bidang keswan dan masyarakat veteriner Disnakkeswan Kabupaten Luwu Utara (Drh. Kuncoro).
(Laporan Frans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here