Rakor Pokjanal Posyandu Luwu Utara

0
48

LUWU UTARA, CNEWS — Guna meningkatkan koordinasi, pembinaan fasilitasi, advokasi dan dukungan untuk meningkatkan fungsi kinerja osyandu, maka diperlukan komitmen, kesamaan pemahaman dan kerjasama sehingga akan terjadi sinkronisasi dan kerjasama lintas sektor ditingkat Kabupaten dan kecamatan. Untuk itulah pemerintah Kabupaten Luwu Utara melakukan Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu pada tanggal 23 April 2017.

Dalam sambutan sebelum membuka rakor ini Kepala Bidang Kesmas Provinsi Sulawesi Selatan menekankan bahwa Pokjanal Posyandu merupahkan milik bersama untuk itu peran lintas sektor sangatlah penting, khususnya peran puskesmas sebagai lini terdepan dalam pemberian pelayanan di masyarakat.

Selama ini pengalaman dalam pengelolaan kegiatan siaga. Beberapa perkembangan positif yang terjadi setelah pelaksanaan program ini diantaranya adalah Meningkatnya partisipasi masyarakat di posyandu, RT/RW/TOMAS/ desa berpartisipasi aktif dalam menangani masalah kesehatan ibu dan anak (perhatian, dana), Tersedianya dana dasolin dalam masyarakat untuk membantu ibu hamil dan bersalin.

Meningkatnya kunjungan ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di fasilitas kesehatan. Terjalinnya kemitraan antara dukun berslin, kader posyandu dan bidan dalam menangani persalinan, terbentuknya satu posyandu bayi/balita sebagai bentuk partisipasi masyarakat siaga. terbentuknya suatu jejaring yang baik dalam membantu ibu hamil, bersalin (data, dana, transportasi, calon pendonor).

Dalam pertemuan tersebut Kepala Desa Pao Kecamatan Malangke Barat, Fajar yang mewakili sebagai lokus pembahasan pokjanal posyandu di Kabupaten Luwu Utara, yang bertujuan mengenal Permasalahan Pokjanal Posyandu di Wilayah Kabupaten dan Mencari Solusi Pokjanal Posyandu.

Output yang diharapkan Terindetifikasinya Permasalahan Pokjanal Posyandu serta lahirnya komitmen terkait pelayanan pokjanal di Kabupaten Luwu Utara. (SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here