Camat Mappedeceng, ST Kidar Himbau Warga Pentingnya Memakai Masker saat Menyemprot Pestisida ke Tanaman

0
39

LUWU UTARA, MAPPEDECENG-CNEWS — Saat melakukan sosialisasi wilayah di tiga desa, Camat Kecamatan Mappedeceng, Luwu Utara ST Kidar S.Sos mengingatkan warga saat sedang bekerja di sawah, yakni menyemprot tanaman padi jangan lupa memakai masker. Ini penting untuk menjaga kesehatan dan menghindari terjadinya dampak keracunan.

Camat Mappedeceng memberikan himbauan agar menggunakan masker. Sebab pestisida yang digunakan bisa saja membayakan bagi kesehatan.

Dijelaskan kepada petani, dalam bidang pertanian pestisida merupakan sarana untuk membunuh hama-hama tanaman. Penggunaannya yang sesuai aturan dan dengan cara yang tepat adalah hal mutlak yang harus dilakukan mengingat bahwa pestisida adalah bahan yang beracun.

Penggunaan bahan-bahan kimia pertanian seperti pestisida tersebut dapat membahayakan kehidupan manusia dan hewan dimana residu pestisida terakumulasi pada produk-produk pertanian dan perairan.

“Penyemprotan pestisida yang tidak memenuhi aturan akan mengakibatkan banyak dampak, diantaranya dampak kesehatan bagi manusia yaitu timbulnya keracunan pada petani dan yang lebih berbahaya lagi adalah terjadinya gangguan pada sistem reproduksi wanita . Hal-hal tersebutlah yang masih banyak diabaikan oleh para petani Indonesia terutama didaerah pedesaan. Mereka tidak memperhatikan dampak yang dapat ditimbulkan dari pekerjaan yang mereka lakukan setiap harinya dengan berbagai alasan klasik. “ kata camat yang memiliki kelembutan dan keramahan kepada warga ini. (SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here