Penomena Lembaga Survei di Sulsel

0
34

Fenomena marketing politik yang semakin bertumbuh bak jamur di padang yang subur, begitulah kira-kira yang terjadi di indonesia dengan semakin bertumbuh dan berkembangnya konsultan politik dengan lembaga survey mereka dengan ragam variasi rayuan dan iming iming bahkan nominal harga yang berbeda-beda pula mulai dari ratusan juta sampai milyaran, padahal metode dan analisis yang digunakan hampir dikatakan seragam.

Dengan bermunculannya masing- masing lembaga survey ini maka menimbulkan suatu fenomena baru bagi pemilih di masyarakat oleh karena Lembaga ini merilis hasil temuannya masing-masing dengan hasil yang berbeda dan mengunggulkan kandidat yang berbeda pula. Hal ini adalah sebuah kejanggalan dan suatu gerakan yang terstruktur antara kandidat dan surveyor jika pada temuan temuan hasil antara surveyor satu dengan yang lain sangat mempunyai perbedaan signifikan,”ada apa ?“

Dilain sisi pada fenomena ini juga akan berdampak pada sosial dalam masyarakat dimana akan memicu suatu kebingungan tersendiri dan bisa berlanjut ke stres dan ketahapan gangguan jiwa atau penyimpangan perilaku lainnya.

Hal ini yang harus menjadi perhatian kita semua kepada lembaga lembaga yang melakukan survey untuk dibuatka regulasi khusu tentang metode,sampling dan hasil yang objektif dan jujur. (LAPORAN : Aconk Paraya, Pemerhati sosial masyarakat, Anti Narkoba dan Pemuda Toraja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here