Pemda Luwu Utara ‘Kocolongan’, tak Kantongon Izin, Perusahaan Tower Sudah Membangun

0
33

LUWU UTARA, CNEWS — Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara ‘kecolongan’ dan tidak ‘bertaring’ menertibkan kehadiran sebuah perusahaan bandel dan melabrak aturan. PT Profesional Telekomunikasi diduga telah membohongi pemerintah daerah Luwu Utara membangun sejumlah tower telekomunikasi tanpa mengantongi izin lengkap.

Dinas Lingkungan Hidup Luwu Utara pun dibuat kalangkabut oleh ulah perusahaan tower telekomunikasi tersebut karena sebelumnya telah berjanji akan melengkapi semua dokumen dan izin kegiatan proyek. Faktanya, di lapangan pembangunan sejumlah tower telah berjalan.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Ahmad ST saat dihubungi Celebesnews pada, Senin (11/6/2018) menegaskan PT Profesional Telekomunikasi belum memiliki izin lingkungan di Luwu Utara untuk melakukan kegiatan pembangunan tower ini.

“Kami tegaskan bahwa kami dari Dinas Lingkungan Hidup Luwu Utara belum pernah mengeluarkan izin lingkungan. Nah, kenapa pihak perusahaan PT Profesional Telekomunikasi sudah melakukan kegiatan pembangunan di lapangan, ini sudah melanggar aturan,” tandasnya.

Dikatakan Ahmad, untuk mengeluarkan izin lingkungan tersebut perlu dilakukan survei lapangan untuk mengetahui kelayakan titik yang rencananya akan dilakukan pembangunan tower. “Bukan seenaknya saja, perusahaan atau investor yang masuk ke Luwu Utara melakukan apa saja. Disini ada aturan untuk mencegah efek yang bisa ditimbulkan dari kegiatan yang dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Baliase, Kecamatan Masamba pada sebuah rapat yang membahas rencana pembangunan tower di wilayahnya menyebutkan beberapa kali dirinya pernah mencoba menghubungi pihak perusahaan PT Profesional Telekomunikasi untuk dilakukan koordinasi, namun pihak perusahaan tersebut tidak pernah merespon panggilan telepon yang dilakukan oleh Lurah Baliase.

Dari enam titik yang telah ditunjukkan pihak perusahaan, Dinas Lingkungan Hidup belum perna melihat daerah tersebut. Justru belakangan baru diketahui sudah ada tower yang dibangun tanpa sepengetahuan Dinas Lingkungan Hidup.

“Sebenarnya kami dari Dinas Lingkungan Hidup menunggu permohonan izin dari perusahaan tersebut, kenapa dibelakangan sudah melakukan kegiatan pembangunan tanpa mengantongi izin. Sebelumnya pihak perusahaan sudah berjanji akan menyusun atau melengkapi dulu permohonan izin mereka tapi ternyata sudah beraktivitas dan ini tidak boleh,” tutupnya.

( LAPORAN : SAMSIR )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here