Banjir Genangi Rumah Warga di Dusun Urukumpang, Desa cenning, Kecamatan Malangke Barat, Luwu Utara

0
88

LUWU UTARA, CNEWS — Banjir karena air pasang atau Banjir Rob serta curah hujan yang tinggi telah menggenangi hampir seluruh rumah warga yang berada di Dusun Urukumpang Desa cenning, kecamatan malangke Barat, kabupaten Luwu utara.

Hampir seluruh rumah yang berada di dusun ini digenangi banjir. Pemicunya, pendangkalan Sungai Rongkong membuat volume air tidak bisa tertampung dan memicu genangan ke ruas-ruas jalan dan perkampungan yang berada di sekitar sungai besar ini.

Dari Pantauan Reporter Celebesnews Biro Luwu Utara, Samsir pada lokasi banjir Warga yang rumahnya digenangi banjir terpaksa menaruh barang-barang mereka ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terkena air pasang tersebut.

Beberapa anak pun ikut membantu orang tuanya membersihkan sampah-sampah yang mengapung di tepi rumah mereka.

Hasan salah seorang waga Dusun Teppo, Desa Wara, Kecamatan Malangke Barat mengungkapkan, sebelumnya banjir tidak pernah separah ini sampai menggenangi hingga ke rumah mereka, namun kali ini banjir menggenangi hampir seluruh rumah yang ada desa mereka.

“Banjir tidak pernah naik sampai ke rumah, baru kali ini dan semua hampir semua rumah terkena banjir,” ujarnya.

Sementara itu, warga mengungkapkan air mulai naik sejak jam 07 pagi dan terus naik hingga jam 11 siang.

“Air mulai naik ke dalam rumah sejak jam 7 sampai saat ini mulai naik terus,” ucap warga.

Wsarga berharap air yang sudah menggenangi rumah-rumah mereka ini tidak ditimpa hujan kembali agar air cepat surut.

Sementara itu, Informasi yang diperoleh dari Ibu Dusun Landungdou, Desa Wara, bahwa genangan air setinggi 70 s/d 100 Cm dan terdapat 41 rumah yang terendam banjir yang merendam di Dusun Landungdou di akibatkan adanya tanggul yang jebol di belakang SD Landungdou. (SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here