Puluhan Polisi Polres Luwu Utara Diberi Pelatihan Jurnalistik

0
72

LUWU UTARA, CNEWS — Tak kurang dari 70-an personel Polres Luwu Utara mengikuti pelatihan juranalistik yang digelar di aula Hotel Bukit Indah Masamba, pada Selasa (28/8/2018).

Pelatihan tersebut adalah salah satu rangkaian dari acara latihan yang diinisiasi Kapolres Luwu Utara AKBP Boy FS Samola.

Ketua JOIN Sulsel Rifai Manangkasi, Ketua Pusdiklat Wilayah Indonesia Timur Zulkarnaen dan Kasubag Peliputan Humas Protokol Pemkab Luwu Utara Saraswati mendapat kehormatan untuk mengisi materi pelatihan tersebut.

Pemateri diberi kesempatan memberikan dasar-dasar penulisan berita.

“Seperti kita tahu dasar penulisan berita itu 5W 1H. Itu dulu dilengkapi,” kata salah satu pemateri.

Dia mengatakan, tak perlu terlalu banyak menyampaikan teori dalam pelatihan ini. Terpenting adalah, begitu paham dasar-dasar pembuatan berita, peserta disilakan untuk mempraktikkannya.

“Memang tidak akan langsung bisa begitu mengikuti pelatihan. Terpenting perbanyak membaca untuk menambah wawasan dan keragaman.
yang penting terus dan terus berlatih dan sering membaca berita koran atau online,” ujarnya.

Pada materi Pengetahuan Dasar Jurnalistik, turut dijelaskan tentang jenis-jenis informasi (news), teknik penyusunan informasi dan komposisi penulisan naskah berita hingga penyeber luasan informasi melalui media.

Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan sehingga diharapkan setelah diberikan pelatihan tersebut, peserta pada pelatihan jurnalistik ini telah mahir dalam penulisan naskah berita yang sesuai kaidah jurnalistik.

Pelatihan jurnalistik ini diikuti 40 orang Bhabinkamtibmas dan 30 orang Operator Polsek di Luwu Utara.

Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola mengharapkan para peserta memperhatikan materi yang diberikan oleh narasumber dalam hal ilmu-ilmu kehumasan termasuk dalam pembuatan dan penulisan naskah pemberitaan.

“Saat ini Humas menjadi ujung tombak Polri, pahami apa yang disampaikan oleh narasumber, sehingga rekan rekan dapat menulis naskah maupun berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik,” katanya. (LAPORAN : SAMSIR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here