Soal Pendeteksian Bencana, Kepala BNPD Sulbar : Kita Belum Memiliki Alat

0
38

SULAWESI BARAT, CNEWS — Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPD) Provinsi Sulawesi Barat Darno Majid mengakui, bahwa saat ini pihaknya belum memiliki alat yang mampu mendeteksi tetang waktu terjadinya bencana alam, baik itu gempa bumi maupun tsunami.

Menurut Darno Majid, untuk saat ini BNPD Provinsi Sulawesi Barat, hanya memiliki alat yang mampu mendeteksi lokasi atau titik setelah bencana gempa atau tsunami tersebut terjadi.
“Belum kita memiliki alat,  walaupun Jepang yang bisa mendeteksi bahwa bencana akan datang,” ucap Darno Majid di Kantor Mapolda Sulawesi Barat, Kamis, 03/01/18.
Selain itu ia juga menambahkan, sebagai upaya mendatang alat tersebut, saat ini BNPD masih melakukan upaya rapat koordinasi dengan Sekertaris Daerah.  “Sementara ini kita masih rapat dengan sekda, karena ini kan sekaitan dengan dana, karena mendatangkan alat itu sangat susah,” ungkapnya.
Lebih lanjut ia menuturkan, untuk bermohon ke pemerintah Republik Indonesia, pihaknya juga masih menunggu momentum, atau waktu yang tepat, dikarenakan saat ini akan ada pergantian Kepala BNPB pusat.
“Inikan sementara kepala BNPB pusat mau diganti ini, nanti setelah pelantikan baru saya koordinasi dengan pusat, bagaimana pengadaan alat itu bisa dimaksimalkan,” tutupnya. (Mp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here