Bangun Sarana Air Bersih, Wujud Kehadiran Pelindo IV Hingga Pelosok Desa di Sulawesi Selatan

0
69

Masyarakat di Desa Bontomarannu Sulawesi Selatan mengucapkan terimakasih kepada Pelindo IV (Persero) Makassar yang terus memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas, terutama dalam penyedian air bersih melalui program Corporate Social Responsibility (SCR) tahun 2020 ini.

“Masyarakat sangat senang sekarang bisa menikmati air bersih. Sekarang yang terpenting bagimana kami bisa memanfaatkan hal ini dengan baik,” ujar sejumlah warga yang di Desa Bontomarannu kepada Celebesnews pada, Kamis (3/12/2020).

Dengan kehadiran bantuan sarana air bersih ini warga sudah bisa menikmati aliran air bersih langsung ke rumah-rumah mereka. Sebelumnya, untuk mendapatkan pasokan air bersih warga harus rela berjalan kaki hingga kiloan meter ke titik mata air untuk mendapatkan pasokan air bersih secara khusus menjelang musim kemarau.

“Melalui bantuan akses air minum ini, akhirnya kita kami menikmati air bersih untuk kebutuhan harian. Mudah-mudahan ke depan bisa melahirkan banyak manfaat bagi masyarakat dengan adanya air bersih, sanitasi sehat, mampu mewujudkan warga produktif untuk mencapai kesejahtaraan,” pesan warga Warga kini sudah dapat bernafas lega, kebutuhan air bersih di Desa Bontomarannu turut menjadi penopang sektor pertanian, kebun-kebun warga kini lebih mudah mendapatkan air untuk menyiram tanaman mereka.

“Terima kasih untuk Pelindo IV Makassar telah membantu kami warga Desa Bontomarannu, semoga ini akan menjadi amal jariyah Bapak-Bapak yang ada di Pelindo IV Makassar,” ujar salah seorang tokoh masyarakat, Daeng Kacong.

Terpisah, Pelindo IV Makassar berharap dengan kehadiran fasilitas air bersih melalui program CSR ini, masyarakat dapat terus menjaga agar manfaat keberadaan sarana fasilitas air bersih ini agar benar-benar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Fasilitas air bersih ini masuk dalam program CSR Pelindo IV dalam penguatan bidang kesehatan serta satu upaya mendukung program pemerintah penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Program ini dijalankan setelah dilakukan survei lapangan dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat setempat” ungkap pihak Pelindo IV Makassar.

Pekerjaan ini mulai dilaksanakan sekitar Juni dan baru selesai pada November 2020, dikarenakan banyak tantangan yang dihadapi.

Mulai dari medan yang relatif berat serta panjang jaringan pipa utama yang mencapai hingga tigakilometer. “Pentingnya kerjasama semua warga untuk menjamin keberlanjutan suplai air dengan merawat dan memelihara fasilitas air bersih ini secara kolaboratif akan menjadi hal penting demi kelangsungan pemakaian,” tutur Pelindo IV Makassar.

Lebih lanjut pihak Pelindo IV menyampaikan diperlukan semangat kebersamaan, menghindari egoisme warga maupun pribadi, sehingga diharapkan air bersih dapat dinikmati seluruh warga masyarakat secara merata. (redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here