Tren Penyebaran Virus Corona Terus Melonjak, Kini Usia Sekolah Paling Banyak Terpapar Covid-19 di Makassar

0
51

MAKASSAR — Kasus Covid 19 di Kota Makassar terus menunjukkan peningkatan Penyumbang kasus terbanyak dari usia pelajar, 10 sampai 19 tahun.

Epidemiolog Universitas Hasanuddin, Ansariadi menyebutkan, kasus di usia pelajar meningkat hingga dua kali lipat. Padahal sebelumnya usia produktif atau pekerja paling banyak mendominasi.

“Umur 10 sampai 19 tahun naik dua kali lipat. Sebelumnya 20 sampai 29,” ungkapnya, Selasa (22/12/2020).

Ansariadi mengungkapkan, banyak remaja yang tidak menyadari jika terjangkit telah Covid-19. Padahal kondisi seperti tidak enak badan dan hilangnya Indra penciuman merupakan gejala awal Covid-19.

“Kalau saya perhatikan, itu yang bilang tadi kalau dilihat sepintas OTG, tetapi ada gejala tapi dia tidak sadari. Jadi misalnya, dia mulai tidak enak badan atu hilang penciuman itu semua sudah gejala,”ucapnya.

Lebih lanjut, Ansariadi mengatakan, umumnnya usia pelajar ini terjangkit dari aktivitas di luar rumah. Bahkan, bisa jadi dari orang tua di rumah yang bekerja di kantor seiiring bertambahnya klaster perkantoran.

“Banyak berkeliaran di mana mana, bisa jadi orang tuanya positif di rumah jadi itu yang mengakibatkan,” beber Ansariadi.

Diketahui, data dari Juli hingga Desember, angka usia pelajar yang terpapar covid mencapai 1902 kasus.

Hingga kini kasus Covid 19 di Kota Makassar mencapai 1200 per minggu. Merupakan rekor terbanyak sejak awal pandemi merebak awal tahun ini. (fjr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here