Dewan Makassar Pastikan akan Terlibat Langsung Pengawasan Vaksinasi

0
40

MAKASSAR — Vaksinasi Covid-19 di Kota Makassar dijadwalkan akan mulai digelar pada tanggal 14 Januari 2021. Dimana Tenaga Kesehatan atau Nakes akan mendapat giliran vaksinasi tahap pertama.

Ketua Komisi D DPRD Makassar, Abd Wahab Tahir mengatakan pemberian vaksin bagi nakes sudah merupakan putusan pemerintah pusat. Untuk itu pihaknya mengaku akan ikut terlibat langsung mengawasi proses jalannya kegiatan vaksinasi.

“Nanti kita lihat tanggal 14 Januari, muda-mudahan bisa berjalan sesuai dengan rencana dan tidak ada halangan. Soal vaksinasi kita juga masih menunggu petunjuk pemerintah pusat,” ujar Wahab saat dikonfirmasi media melalui sambungan telepon, Jumat (8/1/2021).

“Insya Allah kita akan turun melakukan pengawasan di tanggal 14 Januari nanti. Kalau kami sudah sehat semua kami akan turun semua,” tambah legislator Golkar itu.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Agus Djaja Said yang juga ikut dikonfirmasi menyampaikan vaksinasi akan digelar serentak di 47 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Makassar.

Lebih jauh, Agus menjelaskan Pemkot Makassar hanya diberikan vaksin khusus untuk ke Puskesmas, sementara klinik dan RS Daya milik Pemkot Makassar mempunyai vaksin tersendiri.

“Kalau makassar itu yang paling banyak didapat karena banyak nakesnya. Artinya ada klinik, RS, puskesmas, tapi kami sendiri pemkot Makassar hanya kebagian di puskesmasnya itu yang kurang lebih 1.507 orang,” terang Agus.

Adapun waktu pelaksanaan vaksinasi nantinya akan disesuaikan dengan melihat kondisi Puskesmas masing- masing.

“Kalau berapa lama yah tergantung dari Puskesmas, kalau sehari dia bisa selesaikan vaksinnya yah sehari. Kalau kami, berapa jumlah yang ada di puskesmasnya yang datang, ya itu divaksin,” tungkasnya.

Di Makassar sendiri, sebanyak 1507 orang Nakes yang akan di vaksin, namun tidak tertutup kemungkinan akan terus bertambah, sebab Pemkot Makassar tengah mengusulkan penambahan.

“Jumlah yang divaksin 1507, tetapi kita lagi usahakan tambahannya. Mudah-mudahan itu bisa disetujui oleh Kemenkes RI,” pungkasnya

Agus mengaku akan mengusulkan tambahan vaksin untuk Kota Makassar ke Kemenkes sebanyak 200 hingga 300. Jika terealisasi maka Makassar bisa mendapatkan jatah sebanyak 1700 hingga 1800 vaksin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here