Tekanan Darah Tidak Stabil, Ketua DPRD Makassar Batal Divaksin Covid-19

0
88

MAKASSAR — Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo yang namanya masuk dalam daftar penerima vaksin Covid-19 pertama di Makassar bersama beberapa pejabat lainnya batal di vaksin.

Kegiatan vaksinasi itu berlangsung di Puskesmas Makkasau, Jalan Andi Makkasau, Kamis (14/1/2021).

Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo mengatakan batalnya menjalani vaksin dikarenakan tekanan darahnya mencapai 149 per-90 saat mengikuti screening. Normalnya mesti hanya 120 saja.

“Kalau saya tadi, setelah diperiksa oleh dokter, ternyata tidak memenuhi syarat, karena darah saya 149 per-90, jadi dinyatakan hipertensi, karena normalnya cuma 120,” kata Rudianto pada awak media sesudah mengikuti screening.

Kendati begitu, RL akronim nama dari legislator NasDem itu mengatakan dirinya telah menjalankan kewajibannya yakni datang di lokasi vaksinisasi dan mengikuti seluruh tahapannya.

“Intinya saya sudah datang, dan mengikuti seluruh tahapan, hanya saja belum dinyatakan lolos,” tambahnya.

Selain RL, ada 10 orang lain yang juga bernasib sama tidak memenuhi kriteria penerima vaksin pertama di Kota Makassar.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar diketahui mengundang 32 orang untuk menjadi penerima pertama vaksin Covid-19. Namun, hanya 21 orang yang hadir. Dari 21 orang yang hadir sebagai kandidat penerima vaksin berjenis sinovac buatan China tersebut, hanya 11 orang yang memenuhi kriteria.

Plt Kepala Dinkes Kota Makassar, Agus Djaja Said menjelaskan mereka yang bakal menjadi penerima vaksin mesti dalam keadaan sehat. Olehnya, sebelum vaksinasi, ada screening yang harus dilalui.

“Sebelum orang divaksin kan diukur dulu tekanan darahnya, nanti dokternya melihat bahwa ini bisa divaksin atau tidak. Salah satunya juga adalah penyakit komorbid nya, kemudian jantung kalau dia jantung, dia ditunda,” kuncinya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here