Gaji Bulan Desember Anggota Dewan Makassar Belum Cair

0
55

MAKASSAR — Sebanyak 50 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar belum terima gaji sejak dari Desember 2020 lalu.

Hal itu dibenarkan oleh Pelaksana tugas Sekertaris Dewan (Plt Sekwan) DPRD Makassar, Andi Bukti Jufri saat dikonfirmasi. Namun ia mengaku tidak tahu persis alasan keterlambatan gaji legislator.

“Belum, kami saja di SKPD belum. Untuk mengetahui kenapa belum terima gaji konfirmasi ke BKD karena bukan ranahku itu,” kata Andi Bukti saat dihubungi melalui telepon selulernya oleh media, Senin (25/1/2021).

Dikonfirmasi terpisah, salah satu legislator yang enggan disebutkan namanya juga mengaku belum menerima gaji bulan Desembernya. “Iya. Pembayaran untuk gaji Desember,” kata dia.

Keterlambatan gaji para anggota DPRD juga ikut dirasakan oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar M Ansar, keterlambatan gaji TPP ASN adalah problem ASN secara nasional. Pasalnya, sejumlah provinsi lain juga mengalami hal yang sama bukan hanya Kota Makassar saja. Keterlambatan itu sendiri dikarenakan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

“Jadi semua yang pakai SIPD terganggu, tetapi insya Allah dalam waktu dekat bisa selesai. Sistem ini dari pusat bukan dari kita (Pemkot Makassar),” kata Ansar saat diwawancara saat diwawancara beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Ansar memastikan TPP untuk PNS akan dirafel di bulan berikutnya yakni di Feburari 2021 mendatang. Paling cepat 1 Februari, akan dirafel untuk Desember dan Januari.

Aplikasi ISPD menurut Ansar baru diterapkan oleh Pemerintah Kota Makassar pada tahun ini, sehingga keterlambatan bisa saja terjadi.

“Sebelum-sebelumnya kan tidak pernah begini, tetapi baru tahun ini kita pakai ISPD jadi baru menyesuaikan itulah kenapa ada keterlambatan,” tukas Ansar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here