MIRIS !!! Kasus Covid-19 di Makassar Nyaris 600 Orang per Hari

0
130

MAKASSAR — Kasus Covid-19 di Kota Makassar masih tinggi. Bahkan tanggal 31 Januari 2021 mencapai angkanya 599 dalam sehari.

Epidemiolog Universitas Hasanuddin, Ansariadi mengatakan, jumlah tersebut merupakan angka tertinggi sejak Covid 19 Makassar melanda awal tahun lalu.

“Pada dua hari terkahir kita dapatkan jumlah kasus yang cukup tinggi, tertinggi mungkin selama ini didapatkan, dua hari lalu kita dapatkan 400 kasus, kemudian kemarin (31 Januari) sekitar hampir 600 kasus dalam sehari,” ungkapnya saat dihubungi media, Selasa (2/2/2021)

Menurutnya, angka tersebut bisa dipengaruhi keterlambatan pemeriksaan di laboratorium. Sehingga spesimen bertumpuk. Begitu hasilnya keluar, bisa langsung meledak.

“Kalau dilihat distribusi on set itu lebih kepada penumpukan kasus. Karena sebelumnya saya lihat memang cukup rendah dilaporkan dari estimasi saya, hanya sekitar 150 dan 120 yang sebelumnya itu sekitar 200 sampai 300,” paparnya.

“Kalau terjadi penurunan biasanya saya prediksi pada akhir minggu itu, mungkin terjadi peningkatan kasus karena selesai diperiksa semuanya,” lanjut Ansariadi.

Namun untuk memastikan hal itu, pihaknya akan mengikuti perkembangan kasus seminggu yang akan datang. Jika kasus masih sama tingginya. Berarti terjadi peningkatan Covid 19 di Makassar.

“Tapi kita akan evaluasi ini kedepan kalau dia konsistensi sektiar 600 berarti lampu merah bagi kita karena tidak biasa, karena biasa kita dapatkan 200 sampai 300 kasus,” terangnya.

“Kita akan ikuti sampai beberapa hari kedepan apakah konsisten dinsekitar 600 atau kembali ke normal 200 sampai 300 kasi baru,” katanya menambahkan.

Sementara diketahui, reproduksi efektif (Rt) Covid di Makassar masih berada 1,2 untuk hariannya. Sementara untuk mingguannya berada di angka 1.

“Rt Makassar sekitar 1,2 jadi masih ada kecendrungan meningkat hariannya. Walaupun mingguannya itu dia mungkin sekitar 1. Karena di angka 1 itu stabil,” tandas Ansariadi. (fjr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here