Dewan Makassar Pernah Sorot Proyek Pedestrian Jalan Metro Tanjung Bunga

0
33

MAKASSAR — Sejumlah proyek infrastruktur Gubernur Sulsel non aktif, Nurdin Adbullah, khususnya di wilayah Kota Makassar pernah menuai kritik lembaga DPRD.

Salah satu yang disoal adalah proyek pedestrian Jalan Metro Tanjung Bunga area pengembangan PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD) dengan alokasi anggaran APBD Kota Makassar tahun 2020, sebesar Rp130 miliar.

Meski proyk tersebut merupakan wilayah kerja Pemkot Makassar, namun prakarsa revitalisasi ruas jalan kawasan permukiman elite itu datang dari mantan orang nomor satu di Sulsel tersebut.

Ketua Komisi C bidang Pembangunan DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara sebelumnya mengatakan, usulan proyek pedestrian Jalan Tanjung Bunga mencuat dalam rapat refocusing anggaran penanganan Covid-19 bersama Banggar dan TAPD Pemkot Makassar, tahun lalu.

Abdi salah satu yang mempertanyakan usulan proyek tersebut. Pasalnya, Pemkot Makassar melalui Dinas PU hanya melakukan pergesahan Rp3 miliar dari pagu anggaran proyek pedestrian untuk penanganan Covid-19.

“Kami di Komisi C meminta kepada pemkot (Makassar) agar anggaran refocusing itu tidak difokuskan di sana,” kata legislator Partai Demokrat itu, Selasa (9/6/2020), silam.

“Kenapa? karena masih ada beberapa anggaran-anggaran yang direfocusing kemarin yang lebih tepat sasaran. Contoh misalkan pembangunan jalan lingkungan, kenapa masih banyak jalan-jalan tanah di kota Makassar ini yang perlu kita paving,” sambungnya.

Abdi juga menyayangkan karena program infrastruktur yang berdampak langsung pada masyarakat direfocusing hingga nol persen. Salah satunya, kata dia, normalisasi dreanase sebesar Rp45 milliar yang dialihkan sepenuhnya ke penanganan Covid-19.

“Banyak usulan infrastruktur yang harusnya prioritas malah dipangkas habis anggarannya. Sementara proyek pedestrian Jalan Tanjung Bunga itu yang nikmati siapa? Kami rasa proyek itu belum prioritas saat ini,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta pemerintah kota dalam refocusing anggaran mengedepankan asas skala prioritas. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here