Satu Petinggi Pertamina Diberhentikan, Presiden Jokowi yang Langsung Pecat, Luhut “Pertamina itu Ngawur-nya Minta Ampun”

0
85

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan adanya satu petinggi di PT Pertamina yang langsung dipecat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Luhut Panjaitan menyebut, pejabat itu dipecat lantaran persoalan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Ada pejabat tinggi Pertamina kemarin itu dipecat presiden langsung,” ungkap Luhut, Selasa 9 Maret 2021 seperti dikutip dari Cnnindonesia.com.

Namun, Luhut tak mengungkapkan secara detail siapa sosok pejabat tinggi di Pertamina yang dipecat oleh Jokowi itu.

Ia pun juga tidak membeberkan waktu pasti pemecatan dan siapa pengganti pejabat yang diberhentikan tersebut.

“Kamu cek aja siapa yang diganti,” ujar Luhut Binsar Panjaitan.

Pejabat itu, kata Luhut, juga sempat bertanya alasan pemecatan dirinya. Namun, Jokowi beralasan pemecatan terkait dengan TKDN.

Pemerintah diketahui memang tengah mendorong kenaikan TKDN untuk menekan impor dan menjaga neraca perdagangan.

Sebelum adanya kabar pemecatan di tubuh perusahaan pelat merah tersebut, Luhut juga sempat menyebut Pertamina ngawur. Pasalnya, Pertamina masih mengimpor pipa yang sebenarnya sudah bisa diproduksi di dalam negeri.

“Pertamina itu ngawur-nya minta ampun. Masih impor pipa, padahal sudah bisa dibuat di Indonesia. Bagaimana itu?,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memang sempat menyinggung proyek pemerintah dan proyek BUMN yang masih menggunakan bahan-bahan impor.

Jokowi menegaskan bahwa dirinya selalu mengingatkan kementerian, lembaga dan BUMN untuk meningkatkan penggunaan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

“Komponen dalam negeri ini harus terus. Jangan sampai proyek-proyek pemerintah, proyek BUMN masih memakai barang-barang impor. Kalau itu bisa dikunci itu bisa menaikkan permintaan dalam negeri yang tidak kecil, gede banget,” ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here