‘Ekspedisi’ Puang Tindizzz Manuju Tana Toa Kajang, Disambut Hangat Amma Toa dan Pengalaman Memakai Pakaian Serba Hitam

0
217

Kepala Biro Operasi Polda Sulsel, Kombes Polisi Adeni Muhan Dg Pabali atau biasa disapa
Puang Tindizzz, melakukan ‘ekspedisi’ atau kunjungan ke Desa Tanah Toa di Kecamatan Kajang, kabupaten Bulukumba.

Puang Tindizzz ditemani sang istrinya dan panglima perang suku Tanah Toa Bapak Ramli, perjalanan dari Kota Makassar ditempuh empat jam, untuk memasuki kawasan tersebut tidak mudah perlu ada perjanjian lebih awal dengan pemangku adat yang ada didalam kawasan tersebut yaitu Amma Toa, karena tanpa persetujuan Amma Toa tidak di perbolehkan memasuki kawasan tersebut.

Setelah melalui proses barulah ada utusan Amma Toa untuk menerima tamu, Puang Tindizzz di kawal dengan panglima Amma Toa Bapak Amir ini begitu mudah masuk di kawasan Amma Toa dengan memakai baju dan celana serba hitam dengan jarak tempuh satu kilo merer dari gerbang, sesampai depan rumah Amma Toa karo Ops Polda Sulsel ini disambut oleh Amma Toa selaku pemimpin yang ada dalam kawasan hitam ini.

Amma Toa sempat bercengkrama dengan Puang Tindizzz dipandu jubir sekaligus panglimanya, menyampaikan beberpa syarat untuk memasuki kawasannya, diantaranya dilarang pakai alas kaki, memotret memaki baju serba hitam dan tidak bisa memakai kendaraaan apapun memasuki kawasan tersebut.

Kawasan hutan Kajang ini dihuni kurang lebih tiga ribu jiwa yang ada didalamnya, selain petinggi polisi Polda ini yang datang ada pula pejabat negara yang menemui kepala suku tersebut, tapi ingat tidak semudah untuk bertemu Amma Toa, ada yang datang berkali kali tapi tidak di perkenankan masuk apalagi menemuinya selaku pemangku adat ini yang diberi gelar AMMA TOA yang ada didesa tanah toa kecamatan kajang kabupaten Bulukumba.

Kepala Biro Ops Polda Sulsel turut menyusuri lima kabupaten dan satu kota untuk memantau situasi keamanan dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah diterapkan di wilayah sulawesi selatan dan menyambut bulan suci ramadhan, perjalanan karo ops ini sempat mampir di kabupaten jeneponto dan disambut oleh kapolres jeneponto Akbp Yudha kesit dwijayanto SH, SIK beserta TNI dan masyarakat jeneponto.

Dalam perbincangan Puang Tindizzz berharap masyarakat Jeneponto mematuhi pemberlakuan pembatasan kegiatan sosial karena dgn cara ini bisa mengurangi tingkat berkembangnya covid 19 yang mana ada lagi varian baru muncul dinamaakan B 117.

Tak lupa juga Karo Ops Polda Sulsel menyinggung masuknya bulan suci ramadhan, tampak hadir kapolsek Binamu beserta anggotanya dan anggota TNI dari kodim jeneponto dan beberapa masyarakat, selanjutnya kombes Pol Adeni Muhan Dg pabali melanjutkan perjalannya ke kabupaten Bulukumba. ( LAPORAN : HAMSIR )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here