Laporan LHKPN Pejabat Pemprov, Ada Miliki Harta Rp50 – Rp102 Miliar, Nurdin Abdullah Rp51 Miliar, Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar “Semua akan Diklarifikasi Apalagi Ketika Berkasus”

0
70

MAKASSAR — Harta kekayaan pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel cukup fantastis. Ada yang mencapai Rp102 miliar.

Berdasarkan dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), harta kekayaan pejabat Pemprov Sulsel rata-rata di atas Rp4 miliar.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar di Four Poin by Sheraton Hotel, Makassar, Rabu (17/03/2021).

Dia sendiri mengaku kaget setelah melihat laporan kekayaan para pejabat di Sulsel yang diterima KPK.

“Kepala dinas di Pemprov Sulsel tidak ada yang kekayaannya di bawah Rp4 miliar,” ungkapnya.

Lili pun beranggapan, jika pejabat di Pemprov Sulsel sudah sangat sejahtera. Tidak seperti hasil pelaporan LHKPN di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

“Salut saya melihatnya, ada yang mencapai Rp50 miliar kekayaannya. Bahkan Rp102 miliar. Kami belum pernah menemukan itu pada catatan LHKPN di beberapa daerah,” pungkasnya.

Akan tetapi, kewajaran kepemilikan harta itu akan tetap diklarifikasi kepada pejabat terkait.

Kekayaan Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah sendiri, kata Lili, hanya berkisar Rp51 miliar. Sedangkan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman Rp7,9 miliar.

“Tetapi semua tetap akan diklarifikasi. Apalagi ketika berkasus. Kita akan periksa lagi data kekayaan yang sebenarnya. Intinya kami harapkan semua melapor sesuai dengan kondisi hartanya saat ini,” ujarnya.

Mengingat masih adanya pejabat yang belum melaporkan LHKPN-nya, Lili meminta kepada Plt Gubernur Sulsel untuk segera menyelesaikannya.

Dia mengingatkan, batas waktu pelaporan hingga 31 Maret 2021 ini. Dan ditargetkan bisa rampung pada 24 Maret.

“Pelaporan yang dimasukkan sesuai dengan kondisi sebenarnya melalui e-LHKPN,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here