Ledakan Besar di Laut Kota Makassar, Tak Jauh Dari Perairan Makassar New Port, Ternyata Ranjau Temuan Kapal TNI

0
117

Sebuah ledakan besar terjadi di laut sekitar perairan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, siang tadi, Senin 29 Maret 2021.

Ledakan itu di tengah lautan dan terlihat jelas dari daratan. Ledakan terjadi tak jauh dari perairan Makassar New Port (MNP).

Pihak militer Tentara Nasional Indonesia (TNI Angkatan Laut ) menyatakan bahwa ledakan itu merupakan ledakan dari ranjau yang baru saja ditemukan kapal perang TNI, KRI Pulau Rimau 724.

Berdasarkan siaran resmi Komando Armada II, ranjau itu merupakan peninggalan perang dunia yang masih tersisa di dasar lautan sekitar perairan Kota Makassar.

Menurut Komandan KRI Pulau Rimau 724, Mayor Laut (P) Dimas Wira Pria Nugraha, ranjau sisa perang dunia ditemukan setelah dilakukan penyisiran di sekitar perairan tersebut.

Karena dikhawatirkan dapat membahayakan aktivitas pelayaran, ranjau akhirnya dinetralisir dengan cara dihancurkan alias diledakan.

“Kami berangkat mulai dari tempat kami bersandar yaitu di dermaga layang Mako Lantamal VI kemudian menuju wilayah perairan yang akan di netralisir dari ranjau sisa-sisa perang tersebut,” kata Mayor Laut Dimas Wira.

Mayor Laut Wira menuturkan, operasi penyisiran ranjau sisa perang dunia tersebut dipimpin langsung oleh  Komandan Satuan Ranjau Koarmada II Kolonel Laut (P) Maman Nurachman selaku Komandan Satuan Tugas.

Walau penetralisiran ranjau memicu ledakan besar, tapi dipastikan ledakan itu tidak menyebabkan adanya korban apapun. Sebab, sebelum netralisir dilakukan, prajurit TNI telah memastikan lokasi aman,

“Sebelum pelaksanaan operasi kami memastikan wilayah sekitarnya aman untuk dilaksanakan penetralisiran ranjau,” kata Mayor Laut Dimas Wira. (v)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here