Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali “Baroncong Penganan Makassar Tak Lekang oleh Zaman” Tetap Jalankan Tugas Meski di Hari Libur

0
24

MAKASSAR —- Makassar kaya akan budaya dan tradisi ternyata juga masih menyimpan kekayaan yang lainnya. Misalnya kekayaan khas kuliner tradisional yang selalu mengundang decak kagum. Ditambah lagi memiliki jenis dan varian serta cita rasa yang menarik untuk dijajal.

Itu pula yang memikat Karo Ops Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali atau akrab disapa Puang Tindizzz untuk menikmati jajanan khas daerah koda daeng ini bernama “Baroncong”. Usai berolah raga gowes pada, Minggu (4/4/2021) kemarin, Puang Tindizzz tiba-tiba terhenti pada salah satu gerobak jajanan tradisional ini di bilangan Jl Bulu Saraung Makassar. Puang Tindizzz tidak sendiri ia ditemani sang istri melakukan gowes dan menikmati panganan khas tradisional ini.

Sebenarnya apa yang menarik dari “Baroncong” ini di mata Puang Tindizzz, boleh jadi ada yang tersirat dari situ, menikmati kue buroncong, bisa menjadi salah satu alternatif untuk bernostalgia tentang masa lalu. Seiring perkembangan zaman, kuliner khas Makassar ini selalu punya tempat di lidah warga Makassar.

“Buroncong” merupakan kue khas Bugis Makassar yang masih bisa ditemui hingga saat ini. Kue yang berbentuk mirip kue pukis dan dibakar di atas tungku api ini masih menjadi favorit bagi masyarakat, terutama di Makassar.

Biasanya kue ini dinikmati pada waktu pagi hari saat masih hangat dan disajikan bersama minum teh atau kopi pada waktu bersantai bersama keluarga.

Kue yang memiliki banyak penyebutan ini seperti beroncong, garoncong, geroncong, atau kue ganco ini juga bisa dijumpai di sekitar Jalan Hertasning atau saat Car Free Day di Pantai Losari setiap Minggu pagi.

Gerobak yang mempunyai tungku api adalah ciri khas dari gerobak buroncong. Varian rasanya pun berbeda beda setiap penjual, terkadang asin, kadang manis.

Namun bagi Puang Tindizzz menikmati “Baroncong” memang juga hanya sekedar melepas waktu luang ditengah kesibukan sebagai salah satu perwira polisi yang memiliki tanggung jawab besar terhadap terciptanya Sulawesi Selatan, secara khusus Makassar aman dan kondusif. ( LAPORAN : JURNALIS HAMSIR )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here