Karo Ops Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan “Diklat Pengawasan Internal Berbasis Resiko untuk Perencanaan Pengawasan yang Semakin Diandalkan”

0
79

Perubahan lingkungan eksternal dan kebutuhan internal menuntut profesi pengawas Internal untuk menjadi profesional.  Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pelatihan dan bimbingan teknis untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh terhadap profesi, organisasi, tugas dan prosedur yang harus dijalankan oleh seorang pengawas Internal profesional termasuk di lingkup kerja kepolisian.

Di Markas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, salah satu yang mendapat tugas untuk mengikuti diklat atau pelatihan di bidang pengawasan internal berbasis resiko ini adalah Karo Ops, Kombes Pol Drs H Adeni Muhan Daeng Pabali yang dilaksanakan pada, Jumat (16/4/2021) ber tempat di ruang kerja Karo Ops lantai tiga Mapolda Sulsel.

Menurut Kombes Pol Adeni Muhan sebagaimana yang disebutkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2000, tujuan diadakannya diklat secara umum adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan serta sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional yang dilandasi kepribadian dan etika Aparatur Negara sesuai kebutuhan instansi.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan rekomendasi yang sifatnya solutif, kemudian bisa mendeteksi kecurangan maupun korupsi dan memberikan konsultatif dalam rangka mencapai tujuan visi dan misi suatu organisasi.

Diharapkan dengan diklat-diklat yang dirancang ini mampu meningkatkan kapabilitas peserta diklat dengan cara meningkatkan kapasitas masing-masing auditor atau pengawas.

“Audit Berbasis Risiko ini memang seyogyanya di terapkan pada organisasi yang manajemen risikonya itu sudah baik. Banyak instansi pemerintah yang belum berpeduli risiko. Kalau diperbankan hal tersebut telah diterapkan manajemen risiko. ( Laporan : Jurnalis Hamzir )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here