Kejati Sulsel Kembali Telisik Kerugian Negara Rp 3.4 Miliar Kasus korupsi CCC

0
168

MAKASSAR — Satuan Tugas Khusus (Satsus) Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat kembali menelisik kasus dugaan korupsi pembebasan lahan dan pembangunan Celebes Convention Center (CCC) yang merugikan negara Rp3,4 miliar.

“Kita akan menelaah kembali, berdasarkan hasil fakta persidangan sebelumnya,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sulselbar Salahuddin di Makassar, Minggu kemarin.

Dalam kasus ini, dua orang pejabat Pemprov Sulsel dan Pemerintah Kota Makassar divonis bersalah telah melakukan tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian terhadap negara. Dua pejabat yang divonis bersalah dan menjalani masa hukuman yakni mantan Camat Mariso, Agus AS dan mantan Kepala Bappeda Provinsi Sulsel, Sangkala Ruslan.

Keduanya telah divonis bersalah yang masing-masing, Sangkala Ruslan divonis hukuman penjara selama dua tahun dan denda sebesar Rp50 juta subsidair satu bulan kurungan, sedangkan Agus AS divonis satu tahun, delapan bulan penjara denda sebesar Rp50 juta subsidair satu bulan kurungan.

Berdasarkan pertimbangan inilah, Satsus Pidsus Kejati Sulselbar melakukan pendalaman kembali terhadap kasus tersebut. Salahuddin juga mengaku jika pihaknya kembali mendalami kasus tersebut.

Salahuddin mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi dan menelisik kembali kasus CCC karena menurut dia pihak Kejati menduga masih ada keterlibatan pihak lain yang belum tersenutuh hukum.

“Masih ada pihak yang dianggap terlibat dalam kasus ini, tapi belum pernah tersentuh sama sekali. Inilah yang kemudian menjadi alasan, kembalinya kasus ini ditelaah,” tandasnya.

Salahuddin menyebutkan jika setelah kasusnya dievaluasi oleh tim penyidik, baru akan diputuskan apakah kasus tersebut kembali dibuka ataukah sudah ditutup karena keputusan tetap berada di tangan kajati.

“Sekarang kan masih sementara kita kaji kembali, nanti akan kita lihat saja bagaimana perkembangannya,” terangnya.

Diketahui, proyek pembebasan lahan dan pembangunan gedung CCC yang di bangun di atas lahan seluas lahan enam hektare dianggarkan melalui APBD Sulsel tahun anggaran 2005 sebesar Rp3,6 miliar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here