Inovasi PD Parkir Makassar Segera Terapkan Parkir Smart Card

0
95

MAKASSAR — Direktur Operasi Perusahaan Daerah (PD) Parkir, Syafruddin mengatakan, Pemerintah Kota Makassar sedang dalam pembenahan infrastruktur untuk penerapan sistem parkir smart card atau sistem pembayarannya tanpa uang tunai.

“Nanti kita menyusul di situ, kita buat untuk parkir smartcard hanya dia bertahap tidak langsung semua,” katanya, Selasa (15/3/2016).

Alat yang penghubung parkir berbentuk tiang dinamakan Meter Parking yang diperkirakan akan seperti di Kelapa Gading, Jakarta. Rencananya, alat tersebut dipasang dengan jarak 15 hingga 50 meter.

Nantinya alat ini menggunakan sensor untuk memudahkan input data siapa yang memarkir kendaraan. Untuk pemasangan alat, ada kemungkinan besar PD Parkir akan bekerja sama dengan pihak swasta yang ingin menawarkan. “Tapi tanggung jawab tetap di PD Parkir,”.

Adapun kartu yang digunakan nantinya adalah Smartcard, kartu akan dihubungkan ke tiang Meter Parking sebagai alat pembayaran. Sementara jika tidak memiliki kartu, pemarkir bisa menggunakan kartu yang dimiliki juru parkir dan membayar secara tunai pada juru parkir.

Selain itu, PD Parkir akan meberikan pembinaan khusus pada juru parkir yang nantinya akan ditugaskan menjaga meter parking, karena menggunakan teknologi.

sebelumnya Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto mengungkapkan akan segera mencanangkan sistem parkir tanpa uang tunai.

“Sistem Cashless namanya atau parkir bayar pakai kartu, tidak ada cash di lapangan dan bukan tukang parkir yang kita butuhkan. Nanti tugas petugas parkir juga tetap berdasarkan yang dia layani dan itu langsung ditransfer ke rekeningnya masing-masing,” terangnya diruang kerjanya kemarin.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here