Rivai Ras Nilai Perekonomian Maros Maju

0
67

MAKASSAR — Sebagai bagian dari rakyat Sulsel, Abdul Rivai Ras menilai bahwa perekonomian di daerah harus di bangun secara riil untuk mendorong ekonomi rakyat. Karena itu, kata dia, pemerintah harus fokus memperhatikan usaha kecil masyarakat.

“Salah satu bagian penting yang dapat kita kembangkan adalah sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mampu menopang kesejahteraan dan kesinambungan perekonomian daerah,” papar Rivai Ras.

Minggu (20/3/2016), bakal calon Gubernur Sulsel 2018 Rivai Ras menyempatkan berkunjung ke sentra pembuatan roti Maros dan sekaligus melakukan sosialisasi. Rivai melakukan kunjungan ke sejumlah home industry atau industri rumah tangga yang sesungguhnya mempunyai keunggulan, dalam memberi sumbangan secara mikro maupun makro bagi pembangunan daerah ini.

Di sela-sela kunjungannya itu, Rivai mendatangi tempat pembuatan Roti Maros di seputar wilayah Kabupaten Maros. Ia menyatakan bahwa Roti Maros ini harus dibesarkan karena bisa menjadi Ikon, sekaligus dapat menjadi bagian dari proyek pemerintah dalam memberdayakan ekonomi rakyat.

“Saya kira Roti Maros juga mampu meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi rakyat. Coba bayangkan, sehari satu home industry mampu menghabiskan 250 kg atau setara 10 karung tepung terigu dan rata-rata omzet mereka mencapai Rp5 juta perhari,” papar putra Bone itu.

Lebih lanjut pendiri Universitas Pertahanan Indonesia itu menyatakan, bisa dibayangkan bila dibagikan sejumlah home industry yang tersebar di sepanjang jalan Maros-Makassar.

Ini artinya, sektor riil seperti usaha Roti Maros secara akumulatif bisa menghasikan pendapatan yang cukup besar, di samping bisa mengangkat keunggulan masyarakat melalui pengenalan Roti Maros sebagai oleh-oleh khas Sulsel.

Sebagai Pakar Ketahanan Nasional, industri rumahan itu merupakan bagian dari mengembangkan Ketahanan Pangan melalui pemberdayaan ekonomi rakyat. Tentu saja dalam upaya meningkatkan kesejahteraan di Maros secara khusus dan Sulsel secara umum.

“Banyaknya industri rumahan seperti itu, tentu saja akan sangat baik bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Inilah yang menjadi fokus saya ke depan,” kunci alumni Pondok Pesantren Modern IMMIM putra itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here