Bongkar Dugaan Korupsi Gardu Induk, Kejati periksa GM Gardu Induk PLN Tello

0
60

MAKASSAR — Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat memeriksa General Manager Gardu Induk PLN Tello Setyadi Dewantoro terkait dugaan korupsi pembangunan gardu induk pada Induk Pembangkit dan Jaringan PT PLN di Unit Induk Pembangunan 13 Sulsel.

“Semua yang terkait dalam kasus ini kami periksa dan hari ini GM Gardu Induk PLN Tello sudah memenuhi panggilan tim penyidik,” kata Koordinator Bidang Pidana Khusus Kejati Sulselbar Noer Adi di Makassar, Rabu.

Noer mengatakan bahwa GM Gardu Induk PLN Tello Setyadi Dewantoro yang diperiksa oleh anggota Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Kejati Sulselbar itu hanya sebagai saksi untuk mengungkap fakta-fakta tentang proyek tersebut.

Di depan penyidik, saksi menjelaskan mengenai proyek pembangunan gardu induk PLN yang tersebar di delapan titik wilayah Sulsel pada tahun anggaran 2011 sampai dengan 2013.

Terkait dengan anggaran proyek yang nilainya mencapai hingga miliaran rupiah, saksi mengaku tidak mengetahuinya.

Menurut Noer, keterangan saksi itu akan ditelusuri apakah dalam keteranganya tersebut ada keterlibatan pejabat PLN atau tidak.

Keterlibatan pejabat di PT PLN (Persero, dalam proyek tersebut, kata dia, akan terus didalami, termasuk pihak rekanan yang mengerjakan proyek pembangunan gardu induk PLN yang tersebar di delapan titik, wilayah Sulsel.

“Kami masih mengumpulkan data dan bahan keterangan terkait proyek itu. Sejauh ini belum bisa dipastikan berapa besar nilai kerugian yang ditimbulkan dalam proyek pembangunan gardu induk itu,” katanya.

Sebelumnya, Humas PT PLN Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat Rosita Zulkarnaen juga enggan berkomentar mengenai dugaan korupsi pembangunan gardu induk tersebut.

Secara teknis, menurut dia, proyek itu bukan merupakan domainnya di PLN Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat.

Rosita menyebut satuan kerjanya berbeda.

“Itu dikerjakan unit induk pembangunan 13 Sulawesi Selatan,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here