Kasi Intelijen Kejari Makassar : Salah, Laporkan Biaya Perjalanan Dinas, Padahal Dipakai Umrah

0
104

MAKASSAR — Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) serta Pemerintah Kota Makassar berbeda pendapat mengenai perjalanan dinas yang dilakukan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) khususnya untuk rombongan ibadah umroh.

“Harus bisa dibedakan yang mana perjalanan dinas dan mana perjalanan ibadah,” ujar Ketua TP4D Makassar Andi Fajar Anugerah Setiawan di Makassar, Senin (18/4).

Dia mengatakan, paket ibadah umroh untuk 75 orang yang dianggarkan oleh Bagian Kesra Makassar dengan menggelontorkan Rp2,4 miliar untuk 75 orang itu tidaklah tepat.

Karena menurut Andi Fajar yang juga Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Makassar itu bahwa perjalanan dinas dengan ibadah umroh adalah dua kegiatan yang berbeda.

“Setelah mengkaji proyek perjalanan dinas tersebut, ditemukan ada kesalahan besar jika itu dilakukan karena laporannya adalah perjalan dinas, tapi ternyata adalah ibadah umroh untuk 75 orang,” katanya.

Ia menjelaskan perjalanan dinas dengan menggunakan anggaran daerah itu harus digunakan dengan kegiatan kedinasan setiap pegawai dan bukan untuk beribadah.

“Perjalanan ibadah umroh atau haji itu sifatnya perjalanan pribadi dan bukan kegiatan kedinasan oleh pegawai pemerintah daerah. Apalagi mayoritas masyarakat umum yang diberangkatkan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Badan Keuangan dan Asset Pemkot Makassar Erwin Syarifuddin Hayya menyatakan bahwa apa yang dilakukan Bagian Kesra Makassar sudah tepat sasaran.

“Sudah cocok apa yang dilakukan oleh Kabag Kesra. Setiap perjalanan yang dilakukan dengan menggunakan anggaran negara, itu dinamakan perjalanan dinas, meskipun dia bukan PNS,” katanya.

Dia menuturkan jika pemberangkatan ibadah umroh untuk 75 orang yang diajukan oleh Bagian Kesra Pemkot Makassar merupakan usulan tahunan.

Sekadar diketahui, mereka yang berangkat adalah pemenang undian di setiap pegelaran yang dilaksanakan Pemerintah Makassar pada tahun 2015 lalu.

Adapun kegiatan yang memberikan program umrah gratis ini, diantaranya HUT Kota Makassar, Dzikir Akbar, Satu Tahun DIA, Shalat Taraweh selama sebulan penuh, lomba kebersihan antarkecamatan, dan kegiatan Tim Penggerak PKK Makassar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here