Buwas Dinilai Sosok Ideal Jadi Kapolri

0
112

JAKARTA – Bursa calon Kapolri sudah mulai memanas. Pasalnya masa jabatan Jenderal Badrodin Haiti akan habis pada bulan Juli nanti.

Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menilai beberapa jenderal bintang tiga di Polri memiliki peluang untuk menjabat sebagai Kapolri. Namun sosok yang dinilai ideal untuk mengisi jabatan Kapolri adalah Komjen Budi Waseso atau Buwas.

Nasir menilai sosok Buwas dinilai memiliki integritas yang mumpuni untuk menjadi Kapolri selepas Badrodin Haiti.

“Bisa saja dia (Budi Waseso), bintang tiga, semua sudah cukup syaratnya,” kata Nasir di Jakarta.

Dia menegaskan, calon kapolri harus mempunyai visi dan misi sama dengan Presiden Joko Widodo. Selain itu, calon Kapolri juga harus mampu menerjemahkan keinginan Presiden ke depan.

Meski begitu, politikus PKS ini DPR tengah menunggu sikap Presiden terkait masa jabatan Badrodin Haiti. Sebab, ada kemungkinan Jokowi akan memperpanjang jabatan Badrodin.

DPR dipastikan hanya menunggu nama yang akan diusulkan oleh Presiden. Selanjutnya, DPR akan melakukan fit and proper test terhadap nama yang sudah diusulkan tersebut.

“Belum tahu sikap presiden. Jadi diperpanjang atau tidak tentu presiden mendengar dari ahli kepolisian, ahli tata negara, dan manajemen birokrasi. kita sendiriwait and see. Apapun sikap presiden itu pilihan yang baik,” kata dia.

Sebelumnya, nama-nama calon pengganti Badrodin pun bermunculan. Sederetan perwira baik bintang dua dan tiga masuk dalam bursa Kapolri. Setidaknya ada beberapa nama yang berpeluang menduduki jabatan orang nomor satu di tubuh Polri itu.

Di antaranya, Wakapolri Komjen Budi Gunawan, Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Kabaharkam, Komjen Putut Eko Bayuseno, Kepala BNPT Tito Karnavian, Kalemdikpol Komjen Syafruddin, Irwasum Komjen Dwi Priyatno, dan Sekertaris utama Lemhanas, Komjen suhardi Alius. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here