Kunjungan Kapal Pesiar ke Pelabuhan Makassar semakin Bergairah

0
129

MAKASSAR – Kapal pesiar P&O Cruises Pasific Eden, dari Australia yang membawa 1.403 wisatawan mancanegara (wisman) berlabuh di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan.

“Dari jumlah wisman itu, masing-masing 200 orang diantaranya akan ke Taman Wisata Bantimurung di Kabupaten Maros dan Balla Lompoa di Kabupaten Gowa,” kata Pelaksana Sementara General Manager PT Pelindo Cabang Makassar Yosef Benny Rohy di Makassar, Minggu (12/06/2016)

Dia mengatakan, kapal pesiar berbendera Inggris itu membawa 607 kru kapal yang dipimpin Capten Pears Gavin Fanhuan. Sebelum tiba di Makassar, terlebih dahulu singgah di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Setelah berlabuh di Makassar, selanjutnya bertolak ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Minggu. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Probolinggo dan tujuan akhir di Benoa, Bali.

Menurut Yosef, adanya kapal pesiar ini akan menjadi daya dukung bagi pengembangan sektor pariwisata di Sulsel. Termasuk memberikan pendapatan perusahaan milik negara ini karena rata-rata setiap kapal pesiar yang berlabuh mendapat retribusi sekitar Rp600 juta.

Mengenai jumlah kapal pesiar yang berlabuh di Pelabuhan Makassar sejak Januari 2016 hingga saat ini, diakui tercatat sudah tiga kapal dan ditargetkan hingga akhir tahun ini mencapai 12 kapal.

“Jumlah itu dua kali lipat dibandingkan pada 2015 yang hanya masuk enam kapal pesiar di Makassar. Ini tentu menjadi suatu peluang untuk sektor pariwisata dan juga memiliki `multiplier effect` untuk sektor lainnya,” katanya.

Sebagai gambaran, industri kreatif juga akan turut berkembang dan begitu pula sektor ekonomi lainnya. Termasuk sektor budaya dengan pengembangan kesenian tradisional (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here