Pelindo Makassar Berbagi 10 Ribu Paket Sembako Untuk Keluarga Pra Sejahtera

0
102

MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Sulsel, bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Pasar Murah Ramadan 2016 dengan membagikan sekitar 10 ribu paket sembako di titik-titik daerah pemukiman masyarakat pra sejahtera di wilayah ini.

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) Doso Agung mengatakan kegiatan pasar murah ini diadakan untuk membantu meringankan beban masyarakat pra sejahtera, khususnya yang ada di wilayah Sulsel.

“Oleh sebab itu, diharapkan kegiatan ini bisa menyentuh langsung sasaran yang diinginkan,” kata Doso Agung saat pembukaan Pasar Murah Ramadan 2016 di Pelabuhan Paotere, Makassar, Selasa (14/6/2016).

Dia mengungkapkan, dalam Pasar Murah Ramadan 2016, paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat pra sejahtera dihargai sebesar Rp 50 ribu per paket sembako.

Harga tersebut sama dengan tahun sebelumnya. Dalam satu paket sembako murah, isinya ada beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, mentega, susu kental manis, mie instan, sirup dan biskuit.

Setiap paket lanjut dia, mendapat subsidi sebesar kurang lebih 60 persen dari harga pasar yaitu Rp 160.350, menjadi hanya Rp.50 ribu, sehingga masyarakat bisa menebusnya dengan harga yang cukup murah.

Untuk dapat membeli paket sembako murah seharga Rp 50 ribu per paket tersebut, masyarakat pra sejahtera diberikan kupon untuk kemudian ditukarkan dengan paket sembako.

Adapun, kegiatan Pasar Murah Ramadan 2016 yang merupakan program bersama antara Pemprov Sulsel dengan Bank Indonesia, BUMN, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), produsen, distributor, pelaku usaha dan stakeholder ini dilaksanakan di tujuh titik di Kota Makassar, yaitu di Kecamatan Ujung Tanah, Tamalate, Mamajang, Tamalanrea, Makassar, Mariso dan Kecamatan Panakkukang.

Sedangkan untuk di wilayah Sulsel, kegiatan yang telah menjadi agenda tetap tahunan ini juga akan digelar di lima daerah, yaitu di Kabupaten Pangkep, Jeneponto, Bulukumba, Pinrangdan Kota Parepare.

Pelindo IV yang menjadi tuan rumah Pasar Murah Ramadan, khususnya di Kecamatan Ujung Tanah pada tahun ini menargetkan kontribusi seluruh BUMN sebesar 50 persen dari target sekitar 10 ribu paket sembako yang akan dibagikan nanti.

“Pelindo IV sendiri berkontribusi sebanyak 2 ribu paket sembako murah untuk dibagikan di dua titik, yaitu di Makassar dan Parepare. Jumlah tersebut sama dengan yang kami bagikan di kegiatan serupa pada tahun lalu,” ujar Doso Agung.

Tahun lalu kata Dia, perusahaan pengelola pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini juga membagikan sebanyak 2 ribu paket sembako murah. Di Pasar Murah Ramadhan tahun ini, pihaknya akan membagikan 2 ribu paket, yaitu seribu paket dibagikan saat pembukaan di Pelabuhan Paotere dan seribu paket lagi akan dibagikan kepada masyarakat pra sejahtera yang ada di sekitar Pelindo IV Cabang Parepare.

Dia berharap, kontribusi dari semua BUMN yang ada di Sulsel mencapai 50 persen dari total paket yang akan dibagikan atau sekitar 5.000 paket sembako yang berisi berbagai kebutuhan pokok.

Dia menambahkan, bagi Pelindo IV, Pasar Murah Ramadan 2016 merupakan kegiatan Manajemen Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun 2016, terkait  Sektor Bantuan Sosial dalam rangka Pengentasan Kemiskinan berupa Program  Pasar Murah untuk membantu masyarakat pra sejahtera dalam menghadapi bulan Suci Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here