Pantau Arus Mudik Lebaran, Menteri Perhubungan Kunjungi Pelabuhan Makassar

0
112
MAKASSAR  —- Menteri Perhubungan Ignatius Jonan mengunjungi Pelabuhan Makassar pada Jumat, 1 Juli 2016. Kunjungan ini merupakan agenda yang telah dijadwalkan untuk meninjau langsung kesiapan pelabuhan dalam melaksanakan arus mudik lebaran tahun ini. Selain itu, Menhub juga meresmikan Vessel Traffic Service (VTS) yang terletak bersebelahan dengan Kantor Pusat PT Pelindo IV (Persero).
Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung bersama jajaran manajemen termasuk Direktur Fasilitas dan Peralatan Susantono, Direktur SDM dan Umum Riman S. Duyo, serta General Manager Cabang Makassar, Yosef Beny Rohy, hadir mendampingi Menhub dan rombongannya dalam kunjungan kerjanya. Turut serta dalam rombongan Menhub adalah Dirut LPPNPI, Staf khusus antar lembaga, Dir. Lala, Direktur Bandara, Kabag MMOP, dan staf lainnya. Syahbandar Utama Pelabuhan Makassar dan Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar juga hadir menyambut dan mendampingi.
Menteri Perhubungan mengunjungi terminal penumpang dan menyaksikan berbagai fasilitas dan peralatan yang telah ditata. Sementara dalam sambutannya ketika meresmikan Vessel Traffic System (VTS), Menteri Jonan mengatakan bahwa tantangan terbesar VTS ini bukanlah pada sosialisasinya, namun lebih pada bagaimana para pimpinan dan jajaran di navigasi dapat memahami dengan baik teknologinya sehingga dapat bermanfaat maksimal. Menyinggung tentang keselamatan transportasi, selama bertahun-tahun Menhub mengamati betapa sangat kurangnya hal tersebut diperhatikan terutama di wilayah Jawa dan Sumatera. Salah satunya dan merupakan contoh sangat sederhana adalah speedometer bus yang tidak berfungsi padahal sangat sering mengangkut banyak penumpang.
Menanggapi arus mudik dan aruk balik hari raya yang padat seperti lebaran, Menhub berharap agar dapat lebih mengantisipasinya lebih dini, terutama jajaran perhubungan dan BUMN terkait.
Menhub tak lupa menyinggung proyek kereta api di Sulawesi Selatan. “Saya menyambut positif dan mendukung penuh proyek KA yang sedang dibangun untuk jalur Makassar – Parepare. Bilamana telah selesai dan siap, dapat langsung jalan.”
VTS adalah system yang memberikan layanan menyangkut manajemen oeprasional lalu lintas dan perencanaan kapal di wilayah jangkauan VTS dengan menggunakan sarana perangkat radio dan elektronika pelayaran. Pelayanan ini saling terintegrasi dan dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan serta dirancang untuk meningkatkan keselamatan kapal, efisiensi bernavigasi, kemampuan berinteraksi dan menanggapi situasi perkembangan lalu lintas kapal dalam wilayah cakupan VTS. Layanan ini menyediakan informasi seperti identitas, posisi dan informasi lalu lintas di alur kondisi dan factor lainnya yang dapat mempengaruhi perjalanan kapal.(*/usman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here