Obsesi Kadis Sosial Mukhtar Tahir Beri Solusi Atasi Masalah Sosial di Makassar

0
112

MAKASSAR — Kepala Dinas Sosial (Dinsos) kota Makassar, Mukhtar Tahir bercerita keluhannya tentang masalah sosial yang terus terjadi di hadapan wartawan.

Mukhtar mengatakan, para Gepeng (Gembel dan Pengemis), pekerja anak dan PSK masih sering berkeliaran di sarana umum, itu terjadi karena masalah sarana dan prasarana.

“Mereka itu semua tidak ada kapoknya, karena tidak ada tempatnya kodong. Kalau sudah ditangkap, tidak tau mau ditampung di mana, terpaksa dibebaskan. Berulah lagi. Itu terus yang terjadi, padahal kita ini sudah sering dapat laporan masyarakat. Pas sudah mi bertindak, ternyata itu ji lagi orangnya yang sudah pernah ditangkap,” keluhnya usai menghadiri rapat di kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Selasa, 12 Juli 2016.

Oleh karena itu, kata Mukhtar, dirinya telah memberikan usulan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Makassar untuk diberikan pengadaan tempat penampungan Sosial.

“Untuk pak Ogah juga, nanti akan kita data satu-satu baru kita berikan pelatihan bagaimana menjadi pak ogah yang menaati aturan lalu lintas. Jadi, mereka kita biarkan jadi pak ogah, tapi mereka ada pendidikannya,” terangnya.

“Karena yang begini kan, kadang-kadang ada yang berpotensi melakukan tindak kriminal. Jadi ini bentuk antisipasi mengurangi itu,” tambahnya.

Selain itu, Mukhtar juga bercerita tentang maraknya pengemis yang menipu dengan modus kaki buntung. “Pernah ada saya temukan, ada yang sembunyi di belakang pohon baru ganti baju. Baru itu kakinya ternyata ada ji, cuma dilipat kakinya baru diikat sampai pahanya. Jadi kaya dilihat buntung,” curhat Mukhtar.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan tersebut seharusnya dilaporkan polisi, karena dianggap telah melakukan penipuan.

“Biar itu ada efek jeranya, dia dianggap menipu. Jadi kalai ada didapat seperti itu, fotokan ka baru kita tindaki sama-sama, karena saya mau buatkan tim mata-mata untuk khusus tangani ini termasuk di dalamnya ada Satpol PP,” pungkasnya.(andi sumarlin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here