Pelindo IV Optimis Pembangunan New Port Kendari Triwulan IV Tahun ini

0
155

KENDARI —- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) berharap pembangunan Kendari New Port bisa dimulai pada triwulan IV/2016, seiring pembangunan Jembatan Bahteramas yang rencana juga mulai dibangun pemerintah daerah di Sulawesi Tenggara pada periode yang sama tahun ini.

GM Pelindo IV Cabang Kendari, Suparman mengatakan sebelum Lebaran 2016 pihaknya sudah mengadakan proses lelang, yaitu peninjauan lapangan dan pemberian penjelasan tentang proses tender atau Aanwijzing.

“Dalam catatan kami, ada beberapa perusahaan yang ikut dalam proses lelang yang sudah diadakan sebelum Lebaran lalu. Kami berharap, triwulan III tahun ini selesai proses lelangnya, sehingga pada triwulan IV/2016 kami bisa langsung on progress untuk pembangunan Kendari New Port,” jelas Suparman.

Pihaknya juga berharap, pembangunan Kendari New Port selesai pada akhir 2018 nanti, sehingga diawal 2019 sudah bisa beroperasi, menggantikan fungsi Pelabuhan Kendari yang eksisting saat ini.

Sebelumnya juga pernah diberitakan di inaport4.co.id, khusus untuk Kendari New Port, selain mengandalkan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp635 miliar, Pelindo IV juga menyiapkan anggaran dari kas internal sebesar Rp300 miliar.

Tahun ini, ditargetkan juga dermaga lapangan petikemas harus sudah dibangun, sehingga tahun depan masuk pada proses pengadaan alat, seperti container crane dan lain sebagainya.

Adapun, total kapasitas dermaga petikemas yang nanti akan tersedia yaitu sebanyak 300.000 TEUs. Saat ini, kapasitas lapangan petikemas yang tersedia di pelabuhan lama di Kota Kendari, yaitu hanya sekitar 100.000 TEUs dengan luas dermaga hanya 2,3 hektare. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here