Dilebarkan, Sudirman Tidak Lagi Rawan Kecelakaan

0
56
PAREPARE-–Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH. MH memulai pencanangan pelebaran jalan Jenderal Sudirman ditandai dengan penekanan tombol sebagai tanda dimulainya pekerjaan pelebaran jalan jenderal sudirman, Senin Siang kemarin.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ir. Samsuddin Taha selaku penanggungjawab teknis pengerjaan pelebaran jalan jenderal sudirman dalam laporannya menyampaikan, pekerjaan pelebaran jalan ini dikerjakan sepanjang 3.745 meter dengan 2 jalur, lebar setiap jalur adalah 6.5 meter dan setiap jalur terdiri dari 2 lajur. Disamping itu, pengerjaan pelebaran jalan jenderal Sudirman, tetap dilengkapi dengan median jalan serta trotoar dan drainase pada sisi kanan dan kiri.
Samsuddin Taha juga mengungkapkan, dana yang dihabiskan untuk membiayai pekerjaan pelebaran jalan ini sebesar kurang lebih 27 miliar yang berasal dari Dana Alokasi khusus (DAK) tambahan tahun 2015.
Sementara itu, Taufan dalam sambutannya mengatakan, berbicara masalah pelebaran jalan jenderal Sudirman maka bisa dikatakan mempunyai historis yang cukup panjang. Apalagi dalam prosesnya sempat mendapatkan perlawanan dari masyarakat Kota Parepare. “Cukup melelahkan dan meletihkan memang perjuangan Pemerintah Kota untuk meyakinkan masyarakatnya agar pengerjaan pelebaran jalan ini dapat dilaksanakan”, ungkapnya.
Menurut Taufan, pengerjaan pelebaran jalan jenderal Sudirman, dilihat secara kasat mata memang tidak mendesak untuk dilakukan. Tetapi jika dilihat dari disisi lain, kepadatan jumlah kendaraan yang melintas dijalan tersebut sudah tidak berbanding lurus dengan luas jalan. Disamping itu, pelebaran jalan ini dianggap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Parepare.
“Luas jalan yang sempit dan seringnya terjadi kecelakaan di ruas jalan jenderal sudirman tersebut jadi pemicu sehingga proses pelebaran jalan mendesak untuk segera dilaksanakan. Dan mungkin untuk pertama kalinya pencanangan pelebaran jalan dilaksanakan secara seromonial”, jelas Taufan.
Untuk itu melalui kesempatan ini, Taufan meminta dukungan dari semua pihak yang terkait agar pelaksanaan proses pelebaran jalan ini dapat berjalan lancar. Khususnya kepada pihak-pihak yang memiliki fasilitas pada area jalan jenderal sudirman seperti Telkom, PLN dan PDAM.
“Saya ingin jika kita lewat di jalan jenderal sudirman ini nantinya, kita merasa tidak berada di Kota Parepare karena adanya estetika jalan yang dibangun di jalan ini. Dan itu semua butuh dukungan dari semua pihak agar pengerjaannya dapat berjalan lancar”, terangnya disela-sela sambutannya.
Turut hadir menyaksikan acara ini, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat, para anggota Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala SKPD, para Camat dan Lurah se-kota Parepare, serta pimpinan dan manajemen PT. Lumpue Indah.  (Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here