Rakyat Bicara, SYL Didesak Evaluasi Kinerja Kadispenda Sulsel !!!

0
137

MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) agar melakukan evaluasi kinerja Kepala Dinas Pendapatan Sulsel menyusul kasus sindikat pemalsuan STNK. Dalam kasus itu, polisi sudah mengamankan 7 orang pelaku sindikat. Polda Sulsel sendiri sudah mengamankan barang bukti Notis Pajak Kosong asli.

Direktur Konsorsium Pemerhati Kebijakan Public (Kopek) Sulawesi Selatan, Uchu Mattawang,ST mengatakan bahwa kebijakan pelayanan yang diterapkan Dispenda Sulsel dalam meningkatkan pendapatan pajak kendaraan dengan membuka pelayanan di setiap kantor kecamatan di Makassar tidak berjalan sesuai Implementasi.

Apalagi, adanya temuan barang bukti Notis Pajak Kosong asli oleh Kepolisian bersama 7 orang tersangka sindikat pemalsuan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) disenyalir melibatkan oknum pejabat Dispenda.

” Besar dugaan adanya oknum Dispenda yang ikut terlibat. Dan kami mendesak pak SYL harus mengevaluasi jajaran Dispenda termasuk kepala dinasnya,”tegas Uccu Mattawang kepada media, Selasa (26/7/2016).

Lebih jauh Uccu mengatakan,dalam kajian Kopek selaku lembaga kajian bahwa penerapannya itu rawan penyimpangan dan kurang kontrol atau pengawasan atasan kepada bawahan. Sehingga terjadi kebocoran Notis pajak yang dimainkan oleh oknum Dispenda.

” Jadi, sangat jelas Kadispenda tidak melakukan kontrol kerja terhadap anggotanya. Padahal, kita ketahui keberhasilan implementasi kebijakan program dan ditinjau dari tiga faktor yaitu, Prespektif kepatuhan (compliance) yang mengukur implementasi dari kepatuhan atas mereka, Keberhasilan impIementasi diukur dari kelancaran rutinitas dan tiadanya persoalan,”ujarnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here