LPPA : Ada Praktek “Jual Hukuman” di Kejaksaan

0
57

Keluarga Terpidana Bayar Rp 15 Juta, Jalani Hukuman 5 Tahun

PAREPARE—Lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak Parepare (LPPA) Menyayangkan adanya praktek “Jual beli masa hukuman” Pada Proses persidangan  Kasus Pencabulan anak, yang melibatkan terpidana Anto (Tukang Cukur Madura di jalan Jenderal Sudirman Parepare. Demikian ditegaskan H.As.Oedin, Ketua Lembaga Perlindungan Anak dan Perempuan Kota Parepare.(Forsi LSM) Kepada Celebes News.com siang tadi.
Menurutnya, Indikasi adanya praktek jual beli masa Hukuman di Kejaksaan, terjadi pasca Kasus Terpidana Anto (Tukang Cukur Madura di Jalan Jenderal Sudirman), As Oedin menduga adanya praktek pembayaran Belasan Juta Rupiah dari Keluarga Terpidana ke Pihak Oknum pihak Kejaksaan dan salah seorang Oknum Hakim di Pengadilan Negeri Parepare saat proses persidangan berlangsung.
“Ada indikasi praktek pembayaran masa hukuman dari Ancaman Maksimal ke Minimal dalam perkara ini, dan pembayaran itu diserahkan pihak Keluarga Terdakwa Anto (Terpidana 5 Tahun) ke Oknum Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Oknum Hakim di Pengadilan Negeri, dan itu dibayarkan Rp.10 Juta ke Pihak Oknum Jaksa dan Rp.5 juta ke pihak oknum Hakim Pengadilan” Ungkap As.Oedin.
Terkait hal ini, Kasi.Pidum.Kejaksaan Negeri Andi Kurnia SH, yang berusaha ditemui tidak nerada ditempat, Lili Mangiri SH.salah seorang Jaksa di Kejaksaan yang juga sebagai Jaksa pengganti dalam Perkara ini, mengaku, tidak tau menau terkait adanya pembayaran dalam kasus putusan Terpidana an Anto yang divonis 5 tahun penjara, Ia lebih mengarahkan untuk menemui Kasi.Pidum.Andi Kurnia.
Kembali disampikan As.Oedin, Aktifis Perlindungan Anak dan Perempuan ini, mengaku, sebelum Vonis Hukuman 5 Tahun jatuh pada Terdakwa Anto (terpidana  saat ini) pihak Keluarga Anto dan Keluarga Korban, membuat perjanjian Damai, Namun entah pertimbangan apa hal ini tidak disampaikan dalam prosea Penanganan Jaksa dan Proses persidangan, terang As Oedin.(effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here