Pemkot Libatkan TP4D Kawal Pembangunan di Parepare

0
99
PAREPARE—Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH. MH mengharapkan pendampingan dari Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) terhadap program – program kerja pembangunan daerah khususnya dilingkungan Pemerintah Kota Parepare, untuk memaksimalkan penyerapan anggaran pemerintah daerah yang selama ini dinilai kurang maksimal.
Ini dikemukakan Taufan saat menghadiri acara sosialisasi tugas dan fungsi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) kepada para pejabat dilingkungan Pemerintah Kota di ruang rapat Walikota Parepare, Senin pagi tadi.
Sosialisasi yang digelar Kejaksaan Negeri Kota Parepare bersama tim TP4D ini, diikuti seluruh pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Parepare. Para asisten dan staf ahli, kepala SKPD, Kepala Bagian, Camat, serta kepala Unit Layanan Pengadaan. Kepala Kejaksaan Negeri, DR. Reskiana Ramayanti, SH. MH menjadi Pemateri pada sosialisasi ini.
Dalam sambutannya, Taufan mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi ini sebagai implementasi dari Instruksi Presiden Nomor7 Tahun 2015 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi tahun 2015 sertaInstruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan ProyekStrategi Nasional.
Dijelaskan Taufan, TP4D sebagai suatu instrumen dari Kejaksaan Agung yang merupakan bagian dari upaya Kejaksaan untuk memaksimalkan penyerapan anggaran pemerintah daerah yang selama ini dinilai kurang maksimal, diharapkan dapat mengawal, mengamankan dan mendukung keberhasilan pemerintahan dan pembangunan melalui upaya-upaya pencegahan preventif dan persuasif.
“Marilah kita memaknai acara ini secara positif, dan mudah-mudahan keberadaan TP4D tidak lagi menjadi momok untuk menakut-nakuti semua kepala SKPD selaku Kuasa Pengguna Anggaran, sehingga percepatan pembangunan khususnya di Kota Parepare dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan”, ungkap Taufan.
Pada kesempatan ini juga, Taufan mengharapkan kemitraan yang baik dengan TP4D karena banyaknya kegiatan-kegiatan pembangunan di Kota Parepare ini yang butuh pengawalan TP4D.
“Kami cukup transparan dengan semua kegiatan pembangunan yang ada di Kota Parepare. Ini karena kami memang sudah
berkomitmen dalam Pemerintahan kami untuk selalu taat pada 3 azas dan semua harus on the track”, tegasnya dihadapan para peserta sosialisasi dan tim TP4D.
Acara sosialisasi ini juga dirangkaikan dengan penyerahan dokumen proyek pelebaran jalan jenderal sudirman dan pembangunan fisik rumah sakit tipe B Plus dr. Hasri Ainun Besari  dari Walikota Parepare kepada tim TP4D untuk kemudian dikawal proses pelaksanaanya agar tidak terdapat penyimpangan-penyimpangan yang berlawanan hukum.
“Ini sebagai bukti kalau Pemerintah Kota berkomitmen akan bermitra kepada TP4D dalam mengawal proses pembangunan di Kota Parepare” jelasnya.  (Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here