Proggres Positif, Pelindo IV Segera Kerjakan MNP Paket B & C Bulan Ini

0
137

MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) segera melakukan tandatangan kontrak untuk pelaksanaan proyek Makassar New Port (MNP) Paket B dan C dengan pagu anggaran masing-masing sebesar Rp1,055 triliun dan Rp228 milyar.

Arwin, Kepala Satuan Pengelola Proyek Makassar New Port mengatakan pihaknya berencana penandatanganan kontrak untuk pengerjaan proyek MNP Paket B dan C dilakukan paling lambat akhir bulan ini [Agustus].

“Saat ini, untuk Paket B dan C sudah memasuki tahap evaluasi dari proses lelang. Untuk Paket A, progress-nya sudah masuk File 1 dan 2 yaitu tahap evaluasi teknis dan penawaran. Sedangkan Paket C baru masuk File 1, yaitu masih tahap evaluasi teknis,” jelasnya, Rabu (3/8/2016).

Tetapi lanjut dia, minggu ke dua bulan Agustus, untuk Paket C jika tidak ada halangan akan masuk pada tahap pembukaan File 2 [penawaran].

Adapun, proyek MNP Paket B, kegiatannya meliputi reklamasi seluas kurang lebih 13 hektare, causeway kurang lebih 1.276 meter, lapangan container kurang lebih 16 hektare dan pengerukan kolam pelabuhan minimal draft -16,0 mLWS. Sedangkan untuk Paket C berupa pembangunan Breakwater sepanjang 1.310 meter.

Sementara itu, terkait pelaksanaan proyek Paket A yang pengerjaan fisiknya sudah dimulai sejak September 2015 kata Arwin, sampai dengan 31 Juli 2016 penyerapan anggarannya sudah Rp78 miliar dengan progress pengerjaan proyek fisiknya sudah mencapai 28,70% [belum termasuk progress pengerukan] dari total anggaran untuk Paket A sebesar Rp326 miliar, dengan pengerjaan proyek yaitu dermaga sepanjang 320 meter, reklamasi seluas kurang lebih 3 hektare dan akses jalan sepanjang kurang lebih 100 meter.

Dia menyebutkan, proyek MNP Paket A bahkan sudah melebihi master target yang ditetapkan, yaitu sebesar 25%.

Secara total lanjut Arwin, pengerjaan proyek MNP Tahap I dibagi dalam tiga paket pengerjaan, yaitu Paket A, B dan C, dengan total alokasi anggaran sebesar Rp1,8 triliun.

Menurutnya, proyek ini sengaja dibangun secara paket agar dapat dilakukan serentak, sehingga penyelesaiannya lebih cepat dan dilakukan secara terus menerus. “Secara total, proyek MNP Tahap I ditargetkan selesai pada triwulan II/2018. Bahkan memasuki triwulan III/2018 nanti, direncanakan soft launching dan pengoperasian MNP,” tukasnya. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here