Program Pelindo IV “Siswa Mengenal Nusantara” Mendapat Apresiasi Dari Kalangan Pelajar

0
74

MAKASSAR — Raut gembira terpancar dari wajah 20 siswa se Kalimantan Utara yang terpilih untuk mengikuti “Siswa Mengenal Nusantara”, program besutan Kementerian BUMN, yang merupakan rangkaian dari “BUMN Hadir untuk Negeri” dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Sejak pagi hari, Jumat (5/8/2016), ke-20 pelajar yang terdiri dari 18 siswa SMA dan SMK serta dua siswa disabilitas, telah hadir dan berkumpul di Kantor Wali Kota Tarakan. Mereka hadir untuk mendapatkan pembekalan dari Direktur Umum dan SDM PT Pelindo IV (Persero), Riman S. Duyo, sebelum mereka diberangkatkan untuk mengikuti pertukaran siswa dengan 20 siswa dari Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Riman berpesan agar ke-20 pelajar yang mengkuti Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tetap menjaga integritas sebagai calon pemimpin masa depan bangsa.

Dia juga berharap, agar kedepan ada generasi baru BUMN yang berasal dari peserta SMN, baik dari Kalimantan Utara [Kaltara], maupun dari provinsi lainnya di Indonesia.

IMG-20160805-WA0003Asisten Sekretaris Perusahaan (ASP) Bidang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pelindo IV, Marwah menuturkan selama tujuh hari, dari 5 hingga 11 Agustus 2016, siswa dari Kaltara akan berada di Riau untuk mengenal dan belajar tentang budaya Melayu yang sangat kental di provinsi tersebut. Sebaliknya, selama tujuh hari pula, 20 siswa dari Riau akan berada di Kaltara untuk mengenal dan belajar mengenai adat dan budaya di provinsi termuda di Pulau Kalimantan itu.

“Selama seminggu, 20 siswa dari Kaltara yang ke Riau dan sebaliknya, akan belajar tentang budaya masing-masing daerah. Mereka juga akan berkunjung ke beberapa sekolah dan tempat wisata yang ada di Kaltara maupun Riau,” jelas Marwah.

Dia mengungkapkan, tahun ini merupakan tahun kedua Kementerian BUMN mengadakan program pertukaran pelajar bertajuk “Siswa Mengenal Nusantara,” di mana Pelindo IV dan Semen Gresik ditunjuk sebagai penangggung jawab kegiatan di Kalimantan Utara. Sedangkan Pelindo I dan PT Perkebunan Nusantara [PTPN] V, merupakan penanggung jawab kegiatan di Provinsi Riau.

Selain dihadiri Direktur Umum dan SDM Pelindo IV Riman S. Duyo, turut hadir pada acara pembekalan tersebut yaitu, Wakil Gubernur Kaltara Udin Hianggio dan Wali Kota Tarakan Sofian Raga.

Adapun, 20 siswa yang mengikuti Program SMN dari Riau yang akan tiba pada Jumat malam nanti (5/8/2016) di Kota Tarakan, rencananya diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltara.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum Pelindo I, M. Hamied Wijaya, didampingi perwakilan dari PTPN V dan Kadis Pendidikan Provinsi Riau, Khamsol sudah memberikan pembekalan dan melepas 20 siswa berprestasi dari beberapa sekolah di Riau, untuk mengadakan pertukaran pelajar ke Provinsi Kaltara pada Kamis, 4 Agustus 2016.

Dalam acara pelepasan yang berlangsung di Hotel Pangeran, Pekanbaru tersebut, Kadis Pendidikan Riau, Khamsol mengatakan Pemprov Riau sangat mengapresiasi program tersebut dan berharap program ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi para siswa.

“Diharapkan, kegiatan ini juga bisa menjadi contoh bagi BUMD setempat untuk dapat melakukan hal yang sama bagi wilayahnya,” ujar Khamsol.

Dalam acara tersebut, juga diserahkan asuransi bagi para pelajar selama mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara di Kalimantan Utara. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here