Badan Ketahanan Pangan Parepare Perkenalkan Budidaya Bawang Merah

0
114
PAREPARE— Bila selama ini tanaman jenis bawang hanya tumbuh di daerah pegunungan tropis seperti Enrekang dan Malino, Kini Tanaman jenia Bawang Pun mulai dikembangkan di Kota Parepare. Sejak 2 Tahun terakhir Dinas terkait memperkenalkan budidaya tanaman Bawang di Petani Parepare
Hasilnya, produktifitas tanaman hortikultura, di Kota ini., cukup meningkat. Khususnya bawang merah. Panen ‎percobaan yang dilakukan pihak kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Parepare itu, adalah bukti keberhasilan pihak Pemerintah kota dalam mendukung produktifitas tanaman ini.
Kegiatan‎ panen percobaan diatas lahan seluas satu hektar, di Kecamatan Bacukiki, Jumat (26/8/2016) dihadiri Ketua Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan, dan Sejumlah Anggota DPRD dari Komisi II.
“Ini adalah peningkatan yang cukup ‎pesat dari aspek peningkatan produktifitas tanaman hortikultura di Parepare. Ini berkah, dan harus lebih ditingkatkan,”ujar Erna Taufan Pawe. Usai panen bawang bersama masyarakat Tani setempat.
Dikatakannya, Peningkatan seperti ini, Parepare tidak lagi mendatangkan bawang dari wilayah tetangga seperti Enrekang, Pinrang, dan Sidrap.
“Kita tidak lagi inpor bawang. Justru kedepan Parepare akan menjadi penopang untuk daerah lain,”harapnya.
Ketua Kelompok Tani, Muh Amin, mengungkapkan rasa syukurnya. “Keberhasilan mengembangkan tanaman bawang di Parepare tidak lepas dari dukungan Pemerintah Daerah, khususnya Badan Ketahanan Pangan, Fasilitas diberikan, Bibit bawang, Penyediaan air bersih, dan sejumlah alat pendukung Pertanian lainnya.(Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here