Sultan, Karaeng dan Arung se-Nusantara berkumpul di Bantaeng

0
155

BANTAENG — Sebanyak kurang lebih 200 Sultan, Karaeng dan Arung se-Nusantara termasuk¬† Ketua Umum Raja Sultan Nusantara YM Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Sultan Palembang, berkumpul di Kabupaten Bantaeng dalam rangka kunjungan wisata budaya.

“Kami ada sebelum kamu ada. Kamu ada karena kami akui kamu ada. Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak mengakui kami,” kata para Sultan membacakan Deklarasi Nusantara yang merupakan perjanjian antara raja dengan negara saat diterima di Rumah Adat Balla Lompoa Bantaeng, Minggu.

Kunjungan dilakukan pasca Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah dilantik menjadi Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Kraton Nusantara (ICKN) Sulawesi Selatan.

Nurdin yang juga Eksekutif Presidium ICKN Sulsel mengatakan bahwa menjadi suatu kehormatan dan rahmat bagi Kabupaten Bantaeng menjadi tempat kunjungan para Sultan dan keturunan kerajaan se-Nusantara.

“Kedatangan para cendekiawan yang peduli terhadap adat istiadat serta marwah kraton tentu merupakan rahmat bagi Kabupaten Bantaeng. Semoga kunjungan ini dapat benar-benar memberi manfaat bagi siapa saja khususnya masyarakat Bantaeng,” ujarnya.

Sementara Ketua Umum Raja Sultan Nusantara YM Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin menyampaikan rasa takjubnya setelah mengetahui Bantaeng adalah daerah tertua di Sulawesi Selatan yang memiliki progres pembangunan yang sangat berkembang.

“Target kunjungan kami adalah agar bagaimana publik mengetahui serta mengakui keberadaan kerajaan, dan Bantaeng adalah daerah yang masih memiliki adat kerajaan yang cukup kental. Maka dari itu pemangku adat harus menjadi suri tauldan bagi masyarakat lainnya”, ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Eksekutif Presidium Nasional ICKN Pusat Muhammad Asdar, Sultan Paser Kalimantan Timur YM dr. Sultan H. Muhammad Heriansyah Andrian Sulaiman YM Datuk Adil dari Kesultanan Deli Medan, Ketua TP. PKK Kab. Bantaeng Hj. Liestiaty F. Nurdin serra segenap pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here