Antisipasi Pengamanan “Accera Kalompoang” di Balla Lompoa Gowa, Polisi Siapkan Pengamanan 1.200 Personil

0
88

GOWA —- Sedikitnya 1.200 (Seribu Dua Ratus) personel gabungan yang dipersiapkan oleh Polres Gowa untuk mengawal dan mengamankan ritual yang dilakukan satu kali setahun, yaitu mencuci benda-benda pusaka kerajaan gowa (Accera Kalompoang) di Istana Balla Lompoa, Jalan Syamsuddin Tunru, Kelurahan Sunggumisa, Kabupaten Gowa, Sulsel, Senin (12/9/2016) pagi.

Kepala Bagian Operasional Polres Gowa, Kompol Henri Noveri Santoso mengatakan, kalau pihaknya sudah mempersiapkan pengawalan dan pengamanan,” Sudah dipersiapkan anggota untuk mengamankan jalannya acara ritual besok,” kata Henri, Minggu (11/9/2016) seperti dikutip dari salah satu media online.

Selain dari jajaran Polres Gowa, Anggota Brimob dari Sulsel dan anggota dari Polda juga dilibatkan untuk mengawal dan mengamankan dua kubu yang berpotensi bentrok tersebut.

“Ada juga dari Brimob dan Polda, untuk Polres Gowa sendiri semua anggota diturunkan, termasuk yang dari Polsek-polsek,” tutur Henri

Namun demikian banyak personilnya yang disiapkan, Henri berharap agar tidak terjadi bentrok agar Kabupaten Gowa aman dan damai,”Harapan saya muda-mudahan tidak terjadi apa-apa dalam acara ritual tersebut,” demikian Henri.

Diketahui, acara yang dilakukan dalam 1 kali setahun tersebut biasanya dilakukan oleh pihak keluarga kerajaan gowa, namun setelah adanya peraturan daerah Lembaga Adat Daerah (LAD) Kabupaten Gowa. Pihak pemda juga akan melakukan acara pencucian benda-benda pusaka (Accera Kalompoang). (int)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here