Kegiatan Sahabat Muda Road Race 2016 Bulukumba Disorot, Perlu Perhatikan Standar SOP !

0
71

img-20160926-wa0015BULUKUMBA, CNEWS —- Sahabat muda road race 2016 beberapa hari lalu berhasil dilaksanakan di sirkuit lingkar phinisi Bulukumba kabupaten Bulukumba Sulawesi selatan. Namun Hingga kini masih menjadi perbincangan hangat di kota butta panrita lopi.

Pada detik detik akhir perlombaaan di masa final time, animo penonton tidak terkendali lagi, sehingga memasuki area terlarang sirkuit. Penonton bebas menonton dibibir sirkuit tanpa takut bahaya yang sewaktu waktu dapat membahayakan jiwa dan tubuh mereka.

Melihat kondisi tersebut, salah seorang konsultan tim medis dr.H.muhamad Amrullah M.Kes angkat bicara.

“Sebagai bahan evaluasi, sepertinya pengamanan panitia jebol dan tidak mampu membendung desakan penonton untuk menonyon langsung di pinggir arena. membuat event ini jauh dari standar/SOP perlombaan yang sebenarnya, semoga kedepan event event ini tetap konsen pada keamanan penonton dan kenyamanan peserta yang berlaga” ungkapnya

“Dan bila saja timbul hal hal yang tidak diinginkan seperti laju kendaraan peserta yang tidak terkendali dan menyeruduk kerumunan penonton, dan menelan banyak korban maka siapa yang akan bertanggung jawab ?  Apakah panitia siap bertanggung jawab ? ” ungkapnya lagi

Apa yang telah dikemukakannya tersebut terbukti dengan adanya rekan panitia yang terkapar akibat diseruduk oleh motor yang lepas kendali.

Dilain hal ketua ikatan dokter indonesia ini juga mengkritisi jalanan untuk jalur evakuasi tidak lancar, dan tidak steril karena dipadati oleh kendaraan penonton, yang seharusnya jalur evakuasi tersebut tidak diperbolehkan ada kendaraan parkir yang dapat menghambat jalur evakuasi tersebut.

Pasien dengan kasus dislokasi sendi bahu segera dievakuasi sedangkan jalanan untuk evakuasi tidak lancar, untung bukan pasien pendarahan hebat dan trauma kapitis yang membutuhkan masa golden periode (periode emas untuk hidup) adalah 6 sampai 8 menit.

“ini perlu menjadi bahan evaluasi panitia setelah event ini, semoga tidak terulang lagi pada event event berikutnya” tegasnya

Hal senada juga diungkapkan oleh andi hebry fitratullah salah satu tim medis event road race tersebut, menurutnya pihaknya terpaksa menyeruduk motor yang menghalangi jalur evakuasi tersebut. ” karena jalur evakuasi tidak lancar karena banyaknya motor penonton yang parkir di jalur evakuasi tersebut, maka terpaksa motor yang parkir tersebut kami seruduk” ungkapnya (GT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here