Dinas Koperasi Sulsel Terbitkan Sertifikat Usaha Gratis, Bisa Buat Agunan di Bank

0
135

MAKASSAR — Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Syamsu Alam Ibrahim mengatakan, akan melakukan penertiban sertifikat, yang difokuskan pada Kabupaten Jeneponto dan Kota Makassar.

“Pemberian sertifikat ini kerjasama dengan BPN dan diberikan secara gratis. Sertifikat tersebut, bisa menjadi agunan untuk akses modal di perbankan,” kata Syamsu, Rabu, 12 Oktober 2016.

Syamsu juga mengatakan, pemberian sertifikat tersebut difokuskan kepada UKM seperti pengusaha garam di Jeneponto.

“Sasarannya lebih banyak UKM dan pedagang di pasar. Seperti pengusaha garam di Jeneponto. Dalam program ini, kami memang mencari yang sesuai potensi lokal,” kata Syamsu.

Selain itu, Syamsu juga mengatakan akan menambahkan, akan memberi kemudahan bagi 1000 pelaku UMKM mengakses modal di perbankan. Range modal yang bisa diakses mulai Rp5 hingga Rp500 juta.

“Jadi mulai dari Rp5 juta sampai Rp500 juta. Ini bisa pada semua bank, apalagi kami sudah ada kerjasama kemudahan sebelumnya. Jaminan pinjaman modal bisa menggunakan sertifikat yang kita terbitkan gratis itu,” jelas Syamsu.

Program kegiatan yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel ini merupakan realisasi dari program G1000G, yang telah dicanangkan oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo beberapa waktu lalu.

Sementaa itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan melalui program ini, koperasi di Sulsel menemukan harapan dan kebutuhan rakyat. “Saya bangga, pemerintah menemukan kebutuhan koperasi,” katanya.

“Kemudian penerbitan sertifikat membuat orang tersenyum. Kalau ini diwujudkan, maka akan sangat berdampak bagi bangsa. Akselerasinya pun akan lebih baik,” pungkas Syahrul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here