Petugas Imigrasi Usir Warga Urus Paspor

0
89
PAREPARE—Warga yang ingin mengurus kelengkapan penerbitan pasport, di kantor Imigrasi Kelas IIB Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Suslel) mengeluh, itu usai Ia diusir Petugas Imigrasi di ruang foto Kantor Kemenkumhan ini.
           Arogansi oknum petugas, di ruang foto‎ kantor Kemenkumhan itu pertontonkan, hanya karena warga yang hendak urus kelengkaoan Administrasi Paspor mengenakan Baju Kaos dan akhirnya disuruh pulang.
          “Kita disuruh pulang ganti pakaian padahal rumah kami dari daerah, Katanya harus jaga etika. Saya pake baju kaos,”kesal ‎warga yang enggan namanya dipublis ini.
            Menurut dia, tidak sepatutnya petugas memperlakukan masyarakat seperti itu. ‎Ada cara lain, kata dia, agar warga tidak merasa tersinggung, “Apalagi ini kan didepan umum, siapapun itu pasti tidak terima perlakuan seperti itu,”katanya.
           Jaya, warga lainnya justru menganggap petugas Imigrasilah yang kurang beretika, mengatakan, petugas imigrasi yang menuntut warga menjaga etika saat berada dikantor itu, tidak berbanding lurus dengan etika fungsi pelayanan dan tanggungjawab petugas.
          “Ya, malah asyik Telponan dan mondar mandir sana sini. Sementara tugasnya untuk melayani masyarakat diabaikan,”kata Jaya.
         Dia melihat di ruangan foto kantor imigrasi itu, ada tiga tempat pelayanan namun hanya satu yang berfungsi.
          “Petugasnya ada tapi ogah-ogahan layani masyarakat,”ungkapnya. 
           Sudarlan, salah seorang petugas imigrasi, bealasan pihaknya hanya menjalankan SOP yang diterapkan kantornya.
           “Memang disini harus begitu. Kita rapi-rapi datang dari rumah ke kantor, kok, masyarakat datang pake pakaian seadanya. Kan tidak beretika namanya. Kita jalankan SOP,”‎katanya.(effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here