3 Kasus Korupsi Dibekukan, Jaksa Tunggu Bukti Baru Lanjutan Penyidikan

0
187
PAREPARE—- Pemberhentian penyidikan lanjutan 3 Kasus dugaan tindak pidana Korupsi  yang tengah berproses Penyidikan di Kejaksaan Negeri Parepare, disorot.
           Pengiat anti Korupsi Parepare, Indonesian Care (Incare) bakal melaporkan penyidik Kejari Parepare ke sejumlah Instansi Lembaga Hukum.
Ungkpan ini dikatakan, Ketua Incare, Andi Ilham, kemarin.Ia selaku Aktifis Incare akan melaporkan pemberhentian Penyidikan itu kepada sejumlah Penegak Hukum yang berwenang menyikapi aparat yang tidak disiplin.
“Kami  berencana melaporkan hal ini ke Kejagung, Ombusman, dan KPK, Penghentian Kasus Korupsi di Parepare sudah masuk penyidikan, dimana biaya perjalanan tiga kasus sudah menggunakan anggaran Negara, kenapa harus dihentikan, bgaimana Anggaran Negara yang terlanjur sudah dikeluarkan saat penyidikan” ungkap Ilham.
Terkait hal ini, Kajari Parepare melalui Kepala Seksi Pidana Khusus, Hasbi Saleh menjelaskan tiga kasus itu masing-masing dugaan Korupsi Bansos sapi bunting 2012 di Dinas PKPK, PJU tahun 2014 di Dinas Tata Ruang dan Wasbang, serta kasus gerobak fiktif pada Dinas Perindag-Kop, ungkap Hasbi.
Alasann SP3-nya Proses Penyidikan itu, karena kerugian Negara sudah dikembalikan. Untuk kasus sapi bunting misalnya, kerugian negara berdasar audit BPKP sebesar Rp.60 juta sudah dikembalikan. Sementara untuk kasus gerobak fiktif jilid I, juga  mengembalikan kerugian negara Rp.35 juta. Begitu pula kasus PJU, item lampu yang dibeli sudah sesuai kontrak, terang Hasbi.
Meski demikian, menurur Hasbi, SP3 yang keluar tidak serta merta berlaku permanen, ‘Jika ditemukan bukti bukti baru terkait kasus ini, proses penyidikan Kasua ini bisa kembali dibuka, terang Hasbi.
Dalam 3 Kasus Dugaan Korupsi itu, menjerat Mantan Kadis PKPK Ir.Hj.Damila Husain di Dugaan Korupsi Insentif Sapi Pemeliharaan Sapi Bunting, dugaan korupsi gerobak fiktif menjerat mantan Kadis Perindag-Kop Amran Ambar yang kini menjabat Kadisdukcapil Parepare, serta kasus dugaan korupsi PJU pada Dinas Tata Ruang dan Wasbang menjerat Syahroni (PPK) dan rekanan Yos.‎(Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here