APRESIASI KEPALA BIDANG PERKEBUNAN IMRAN, Beri Sosialisasi dan Educasi Kelompok Tani Guna Dorong Keberhasilan Kampung Kakao

0
99

LUWU UTARA, CNEWS — Dinas Perkebunan Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan terus mendorong para petani di daerah tersebut dalam rangka mengembalikan kejayaan Luwu Utara sebagai daerah penghasil kakao.

“Upaya yang dilakukan Dinas Perkebunan Luwu Utara untuk mengembalikan masa kejayaan kakao, salah satunya dengan dicanangkannya kampung kakao, secara khusus di Desa Desa Batualang,” kata Kepala Bidang Perkebunan Dishutbun Luwu Utara, Ir Imran, Kamis (27/10/2016) pada kegiatan sosialisasi pengembangan Desa Batualang sebagai kampung kakao.

Hal itu, kata dia, coba dilakukan di Desa Batualang, guna mengembalikan kejayaan Luwu Utara sebagai sentra atau penghasil produksi kakao terbesar di Sulawesi Selatan.

“Untuk mengembalikan kejayaan kakao Luwu Utara, kami juga melakukan langkah-langkah pemberantasan hama penyakit tanaman kakao sehingga memiliki kualitas yang baik, dan ini kami sudah educasi para kelompok tani agar bisa menghasilkan kakao yang sesuai harapanm” ujarnya.

Imran mengakui bahwa mengembalikan masa kejayaan kakao Luwu Utara, tidaklah mudah karena diperlukan dukungan dari para pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah daerah, masyarakat setempat atau petani termasuk pihak ke tiga yang bergerak di bidang perkebunan khususnya Kakao.

Luwu Utara, tambah dia, merupakan termasuk penyuplai kakao di Indonesia karena menjadi salah satu tanaman rakyat selain tanaman lainnya yang bisa memberikan tambahan bagi peningkatan ekonomi keluarga.

“Inilah yang kami coba kembali gaungkan dan galakkan, yakni mengembalikan kejayaan produk kakao pada masa 1990-an, meski sulit tetapi saya yakin bisa, karena petani di Luwu Utara pernah merasakan nilai ekonominya,” katanya.

Ditambahkan Imran, Pemda Luwu Utara akan terus mendorong terwujudnya Kampung Kakao Desa Batualang yang Semuanya Berbasis Kakao. Termasuk salah satu terobosan yang dilakukan adalah menciptakan brending Nama Kemasan Hasil Kakao Desa Batualang ialah MORAINA.

Dalam sambutannya Sekretaris Hutbun mewakili Kadis Hutbun Nadjamuddin mengatakan, bahwa Kampung kakao sangat menjadi pendukung untuk dapat menjadi contoh budidaya tanaman kakao khususnya kabupaten Luwu Utara.

Sementara itu, pada kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh Dishutbun Luwu Utara ini menghadirkan President Director PT. Mohas Resty Kolaka Dr. H. Restyarto Efrawan, S.E, M.M.

Sebagai rangkaian dari kegiatan sosialisasi dari kehadiran kampung kakao di Luwu Utara, pihaknya bersedia Bermitra dengan para petani untuk menghasilkan Kampung Kakao yang mengelolah makanan Serba Cokelat Hasil Kakao Desa Batualang Kecamatan Sabbang.

Tidakhanya itu, Dr. Restyarto Efrawan mengusulkan kepada Kelompok Tani Desa Batualang untuk turut membuat Koperasi yang berbadan Hukum.

Lainnya turut hadir beberapa perwakilan petani kakao Desa Batualang, Kepala Desa Batualang, camat Sabbang Ednan dan Kabag SDA Sakaria. (frans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here