DAU Sulsel 2017 Dikabarkan Kurang, Sebagian PNS Pemprov Sulsel Terancam Bisa-bisa tak akan Gajian

0
79

MAKASSAR – Dana Alokasi Umum (DAU) Sulsel 2017, dikabarkan tidak mencukupi untuk membayar gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), akibatnya sebagian PNS terancam tidak akan gajian.

Anggota Komisi A Bidang Pemerintah DPRD Sulsel, Anwar Sadat Abdul Malik, mengungkapkan persoalan kurangnya DAU Sulsel 2017, karena adanya perpindahan kewenangan tanggungan gaji guru SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi.

“Kalau sebelum pemprov menanggung gaji guru itu mencukupi, tetapi sekarang kan gaji guru SMA/SMK sudah menjadi tanggungan pemprov bukan lagi kabupaten/kota,” jelas Politisi PKB ini, Jumat 18 November 2016.

Lanjut dia, yang tadinya Pemprov Sulsel hanya menanggung gaji 12 ribu PNS Pemprov kini bertambah menjadi 17 ribu guru di mana gajinya ditanggung pemprov.

Sementara persoalan lainnya ada pada tunjangan Pakasi untuk guru pun menambah beban pemprov Sulsel dibawah kendali Syahrul Yasin Limpo.

“Semua PNS Pemprov kan dapat tunjangan Pakasi, jadi guru SMA/SMK juga harus diberikan tunjangan pakasi, karena itu sudah menjadi konsekuensi pemprov,” ungkapnya.

Meski demikian, namun ia belum mengetahui jumlah DAU yang akan ditransfer ke rekening Pemprov.

“Yang jelas kita ini sementara mencarikan solusi agar semua PNS Pemprov gajinya tidak menunggak dan tetap dibayarkan. Pak Yagkin (Ketua Komisi A) tengah berada di pusat untuk memperjuangkan DAU,” tutupnya. Demikian dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here